Bagi Anda Pemula, Yuk Kenali Macam-macam Brush dan Fungsinya

Bagi Anda Pemula Yuk Kenali Macammacam Brush dan Fungsinya Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Makeup menjadi salah satu ritual yang melekat dengan perempuan dalam merias wajah guna menunjang penampilan, apalagi di era modern ini makeup menjadi salah satu kebutuhan utama kaum hawa. 

Salah satunya adalah brush atau kuas makeup yang merupakan peralatan yang digunakan dalam merias wajah. Brush biasanyan terdiri dari beberapa set atau dalam jumlah satuan. 

Bagi Anda pemula, pasti akan sangat bingung melihat begitu banyak jenis brush yang digunakan untuk merias wajah, selain itu bagi pemula umumnya mengira jika semua brush makeup memiliki fungsi yang sama, padahal tidak demikian.

Selain bentuknya yang beragam, brush atau kuas kosmetik ini juga memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Agar Anda tidak bingung, berikut Covesia.com akan menjabarkan berbagai macam brush make up dan fungsinya.

1. Eyeshadow Brush

Kuas ini memiliki ujung yang mungil,berfungsi untuk memudahkan proses membaurkan eyeshadow pada mata agar riasan mata bisa bertransisi dengan lembut, sehingga pemakaian eyeshadow terlihat lebih natural.  

2. Mascara Brush

Dalam make up, tak lengkap rasanya tidak memiliki bulu mata yang lentik. Karenanya  maskara berfungsi membuat bulu mata terlihat lebih lentik dan tebal.

Sebagai sikat bulu mata, penggunaan mascara brush menjadikan bulu mata kamu lebih presisi. Pengaplikasian kuas ini agar tidak menggumpal dan berantakan saat memakai mascara.

3. Foundation Brush

Kuas ini biasanya berbentuk pipih dengan bulunya yang sangat rapat dan halus. Fungsi utama dari kuas ini adalah untuk membaurkan foundation di permukaan kulit wajah agar menghasilkan kesan matte dan natural.

Cara pakainya hanya sapukan kuas foundation yang sudah dibubuhi  foundation dengan mengikuti arah rambut wajahmu.

4. Concealer Brush

Kuas ini biasanya memiliki jenis bulu serupa dengan kuas  fondation, namun perbedaannya ada pada bentuk yang lebih panjang, kecil dan ujungnya meruncing.  

Concealer  brush dengan ujung seperti itu cocok dipakai untuk memberi kamuflase pada noda-noda di wajah, misalnya lingkaran gelap di bawah mata, titik jerawat, bekas jerawat, hingga tanda kelahiran.

5. Powder Brush

Kuas ini ditandai dengan ujung bulunya cenderung menebal atau cembung, dengan fungsi sebagai pembauran dari alas bedak dan bedak itu sendiri. 

6. Blush Brush

Kuas ini cenderung memiliki gagang yang lebih ramping dan panjang dibandingkan kuas powder. Ketebalan bulu kuasnya juga lebih sedikit dan biasa digunakan untuk membubuhkan blushon atau produk shimmering.

(Mgg/Annisa Mukhara)

Berita Terkait

Baca Juga