Pentingnya Menjaga Kebersihan Saat Bekerja Guna Mencegah Penularan Virus Corona

Pentingnya Menjaga Kebersihan Saat Bekerja Guna Mencegah Penularan Virus Corona Ilustrasi mencuci tangan (Covesia/Debi Kurnia)

Covesia.com - Salah satu cara sederhana dan efektif untuk mencegah penularan virus Corona adalah dengan menjaga kebersihan. Karena itu, imbauan mencuci tangan dan etika bersin serta batuk yang dikenal prokes (protokol kesehatan) terus digalakkan pemerintah. 

Termasuk bagi Anda yang bekerja. Di lingkungan kerja tentunya menjaga kebersihan diri jadi hal yang wajib dilakukan guna menghindari munculnya klaster perkantoran.

Hingga hari ini, Selasa (9/2/2021), tercatat angka terkonfirmasi positif di Indonesia sebanyak 1.116.076 orang, dengan rincian 171.288 kasus aktif, 962.028 sembuh dan 31.763 meninggal dunia.

Kasus positif itu diprediksi akan terus mengalami pertambahan setiap harinya meski pemerintah saat ini telah melakukan vaksinasi. Itulah alasannya, penting bagi kita semua untuk mengendalikan laju penyebaran penyakit ini.

Mencegah lebih baik daripada mengobati ditengah pandemi ini. Dikutip dari detik.com, berikut tips menjaga kebersihan diri bagi Anda saat bekerja. 

1. Sering mencuci tangan

Virus Covid-19 mati jika kita mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir, atau dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol dengan kadar setidaknya 70%. Untuk itu bagi kamu yang bekerja atau melakukan perjalanan dengan transportasi umum, sesampainya di rumah cuci tangan dan langsung mandi.

2. Mandi Secara Teratur 

Salah satu tips menjaga kebersihan diri sendiri adalah dengan mandi setiap hari. Menggosok tubuh dengan sabun dan mencucinya dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Sehingga semua kuman dan virus yang mungkin menempel akan hilang. Selain itu, kotoran dan keringat juga akan bersih setelah mandi.

3. Tidak sering menyentuh wajah

Cara ini mungkin terdengar sederhana, tapi sebenarnya sedikit lebih sulit dilakukan dibandingkan langkah lainnya. Sering sekali, secara tidak sadar kita menyentuh wajah dengan mengusap hidung, mengucek mata, atau menyentuh mulut.

4. Potong Kuku

Kuku panjang yang tidak higienis dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Semua kotoran dan kuman yang menumpuk di kuku panjang sangat tidak sehat dan berbahaya. Memotong kuku secara teratur adalah tips menjaga kebersihan diri yang penting.

5. Bersihkan Wajah

Kulit wajah lebih sensitif daripada bagian tubuh yang lain. Mencuci muka setidaknya tiga kali sehari. Pilih pembersih wajah atau cuci dengan sabun cuci muka yang cocok dengan jenis kulit kamu. Hindari produk yang mengandung alkohol tinggi karena dapat menyebabkan kulit kering.

6. Segera ke dokter jika sudah mengalami gejala

Gejala umum dari infeksi virus Corona adalah demam, batuk kering, dan sesak napas. Jika sudah mulai mengalami salah satu atau bahkan ketiganya, dan punya riwayat berkontak langsung dengan penderita Covid-19, maka segeralah periksakan diri ke dokter.

(Mgg/Annisa Mukhara)

Berita Terkait

Baca Juga