Ini 5 Cara Terhindar dari Virus Covid-19

Ini 5 Cara Terhindar dari Virus Covid19 Ilustrasi - Dok. Covesia

Covesia.com - Virus Covid-19 memiliki dampak yang besar, tidak hanya dari segi kesehatan tapi juga perekonomian, meliputi pariwisata dan lainnya. Kondisi tersebut tentu membuat masyarakat khawatir. 

Namun demikian, virus Covid-19 juga memiliki kelemahan yang dapat kita manfaatkan untuk mencegah sebelum dia menular. 

Berikut, Covesia.com rangkum 5 cara agar terhindar dari virus corona. 

Pertama, rajin mencuci tangan. Virus mudah hilang dengan pelarut lemak atau sabun. Itulah sebabnya, kita dianjurkan untuk rajin cuci tangan dengan air dan sabun. 

Virus corona pada intinya tersusun atas tiga bagian, yaitu, DNA atau RNA yang menjadi inti dari virus, protein yang merupakan bahan baku virus untuk memperbanyak diri, lapisan lemak sebagai pelindung luarnya. Ketiga bagian tersebut sebenarnya tidak terikat dengan kuat satu sama lain. Sehingga, saat lapisan lemak tersebut hancur karena sabun, maka virus tersebut pun akan hancur dan mati.

Selain itu, selalu jaga jarak aman dengan orang yang batuk atau bersin. Kenakan masker jika pembatasan fisik tidak dimungkinkan, seperti dalam kendaraan umum. Usahakan tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut. 

Selanjutnya, gunakan masker, sebab masker dapat membantu mencegah penyebaran virus dari orang yang mengenakannya kepada orang lain.

Sebenarnya, mengenakan masker saja tidak cukup untuk melindungi diri dari Covid-19 makanya juga disarankan dengan pembatasan fisik dan kebersihan tangan. 

Tak masalah jika memakai masker kain, bahkan Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19  Prof. Wiku B. Adisasmito, menyebut masker kain dianjurkan untuk digunakan masyarakat saat berada di tempat umum.

Terakhir, beristirahat dengan cukup dan makan makanan yang bergizi. Tidak sedikit orang yang sembuh setelah terinfeksi Covid-19. Itu disebabkan kondisi imunnya dan layanan kesehatan baik. 

Maka dari itu selalu perhatikan kondisi tubuh dengan berolahraga, beristirahat juga pola makan yang sehat dan bergizi. 

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga