Vaksinasi Ibu Hamil, POGI Sumbar: Ini Penting untuk Melindungi Ibu dan Janin

Vaksinasi Ibu Hamil POGI Sumbar Ini Penting untuk Melindungi Ibu dan Janin Ilustrasi - pixabay

Covesia.com - Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Sumbar Dovy Djanas mengatakan vaksinasi sangat penting bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Hal ini untuk antisipasi serangan virus Covid-19, termasuk varian baru Omicron. 

"Ibu hamil adalah salah satu populasi yang rentan dengan Covid-19. Data Kemenkes sebanyak 35.099 ibu hamil positif Corona. Sebanyak 51,9% tanpa gejala, 72% terdeteksi pada usia kehamilan akan melahirkan," ungkap Dovy di Auditorium UNP saat vaksinasi ibu hamil, Sabtu (4/12/2021). 

Vaksinasi ibu hamil ini sudah dicanangkan Menkes sejak Agustus 2021. Tapi capaian vaksinasi ibu hamil masih rendah. 

"Kami dari POGI siap melakukan vaksinasi pada ibu hamil untuk menjaga ibu dan janin terhindar dari Covid-19. Ke depan kita akan lakukan percepatan di seluruh daerah di Sumbar," katanya.

Terkait Omicron, varian terbaru yang pertama kali dideteksi dari Afrika Selatan, hingga saat ini vaksinasi Covid-19 masih dinilai yang paling efektif menghindari berbagai jenis Covid-19. 

Vaksin yang telah berjalan mampu memberikan perlindungan terhadap varian Omicron, apalagi jika telah mendapatkan vaksinasi secara lengkap, melakukan prokes, menggunakan masker, menjauhi kerumunan, katanya.

"Upaya percepatan vaksinasi dilakukan untuk meningkatkan 'herd immunity' yang ditargetkan 70 persen di akhir tahun. Untuk capaian target tersebut, program di daerah harus dilakukan termasuk di Sumbar," pungkasnya. 

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga