Pascatertimbun Material Longsor, Jalan Padang-Painan Sudah Bisa Dilalui secara Buka Tutup

Pascatertimbun Material Longsor Jalan PadangPainan Sudah Bisa Dilalui secara Buka Tutup Akses jalan di kawasan kawasan Kelok Jariang, Bungus Teluk Kabung, Kamis (10/9/2020) sudah bisa dilalui kembali secara buka tutup (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Jalur akses jalan Kota Padang-Painan akibat tertutup material longsor di kawasan Kelok Jariang, Bungus Teluk Kabung, Kamis (10/9/2020) sudah bisa dilalui kembali secara buka tutup.

Kapolsek Bungus Teluk Kabung, AKP Andhi Jais, mengatakan, longsoran tersebut terjadi akibat intensitas hujan yang cukup tinggi sejak tadi malam dan menutup akses jalan Padang-Painan dan sebaliknya.

"Kita mendapat informasi kejadian tadi sekitar pukul 05.30 Wib, kemudian pada pukul 09.00 Wib sudah bisa dilalui kembali secara buka tutup dengan pengerjaan oleh satu alat berat dari BPBD Provinsis Sumbar," ungkap Kapolsek.

Lebih lanjut Kapolsek mengatakan, akibat material longsor yang menutup akses jalan Padang-Painan juga menyebabkan kemacetan sekitar 3 Kilometer dari Padang menuju Painan, begitu juga sebaliknya.

"Longsor yang menghambat akses jalan ini diperkirakan lebih kurang 50 meter dengan ketinggian sekitar 80 cm di bekas lokasi tambang batu diperbukitan di daerah tersebut," jelas Kapolsek.

Dan untuk saat ini kata Kapolsek, satu alat berat masih melakukan pengerjaan pembersihan sambil menunggu loader yang msih dalam perjalanan. 

Sementara itu Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang, Sutan Hendra mengatakan pihaknya beserta BPBD Provinsi beserta instansi terkait terus mengupayakan pembersihan jalan di sejumlah titik di kota Padang yang tertimbun material longsor.

"Untuk akses jalan di kawasan Kelok Jariang sudah bisa dilalui sementara secara buka tutup atau masih satu jalur, dengan penggunaan satu alat berat dari Provinsi," sebut Sutan Hendra.

Lebih lanjut Sutan Hendra mengatakan ada sejumlah titik longsor lagi yang sedang dalam pengerjaan seperti di Jalan Lama Koto Kaciak menuju ke Pantai Air Manis, di Jalan Baru menuju ke Pantai Air Manis, 2 Titik di Bukit Lampu dekat Mushola menjelang ke arah Mercusuar dan Longsor di Jondul RT.05 RW 01 Kel. Rawang.

"Dengan masih  terjadinya hujan kita mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan siaga, karena saat ini curah hujan yang mengguyur Kota Padang masih cukup tinggi," kata dia

(don)

 

Berita Terkait

Baca Juga