Walikota Pariaman Berharap Pohon Pinago Bisa Ditanam di Sepanjang Pesisir Sumatera

Walikota Pariaman Berharap Pohon Pinago Bisa Ditanam di Sepanjang Pesisir Sumatera Walikota Pariaman Genius Umar, saat melakukan penanaman pohon Pinago, di kawasan pesisir pantai Pantai Pariaman, Rabu (9/9/2020)

Covesia.com - Walikota Pariaman Genius Umar berharap, dengan adanya budidaya pohon pinago yang dilakukan oleh daerahnya bisa membawa nama baik kota tersebut ke tingkat yang lebih baik lagi. 

"Karena kami ingin nantinya pohon pinago ini ditanam di seluruh pantai Sumatera, sehingga dapat mengangkat nama Kota Pariaman sebagai tempat asal pohon pinago," ungkap Genius pada Rabu (9/9/2020) usai melakukan penanaman 500 bibit pohon pinago di bibir pantai Kota Pariaman, bersama Direktur Mitigasi Bencana BNPB, Jhony Sumbung.

Lanjut Genius, pohon pinago ini sebagai langkah menghambat jika terjadi gelombang tsunami di Kota Pariaman.

"Metode penanaman dilakukan dengan cara berlapis sehingga daya tahannya untuk mengurangi dampak tsunami semakin baik," jelasnya. 

Genius mengatakan, budidaya pohon pinago tersebut dilakukan pertama kalinya oleh pihaknya bersama anggota TNI setempat yang hal itu merupakan arahan dari Kepala BNPB Doni Monardo pada tahun lalu.

"Biasanya pohon ini tumbuh secara alami atau terbawa oleh burung ke pantai," katanya.

Genius menyebutkan, terkait penjagaan dan perawatan terhadap pohon pinago yang telah ditanam pihaknya itu, ia akan meminta kepada pihak BPBD Kota Pariaman, dan Perkim-LH kota tersebut. 

(per)

Berita Terkait

Baca Juga