Jumlah Daftar Pemilih Sementara di Pesisir Selatan Tahun Ini Naik 2 Persen

Jumlah Daftar Pemilih Sementara di Pesisir Selatan Tahun Ini Naik 2 Persen Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, Epaldi Bahar (Foto: Indra Yen)

Covesia.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Epaldi Bahar mengatakan, jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pilkada tahun ini naik sebanyak 2 persen. 

"Berdasarkan catatan dan yang telah ditetapkan, jumla Daftar Pemilih Sementara (DPS) saat ini berjumlah 337.902 pemilih," sebutnya pada Covesia.com, Rabu (9/9/2020). 

Menurutnya, angka tersebut mengalami kenaikkan sebanyak 2 persen dibandingkan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu tahun 2019 lalu. 

Seperti diketahui, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu tahun lalu, berjumlah sebanyak 331.260 pemilih. 

Sedangkan, total Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah ditetapkan saat ini, berjumlah 337.902 pemilih. 

"Bertambah sebanyak 6.642 pemilih. Berkemungkinan angka tersebut akan terus terkoreksi sampai ditetapkannya, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 16 Oktober 2020 mendatang," ujarnya.

Kendati demikian, kata Epal, meski Daftar Pemilih Sementara (DPS) pilkada tahun ini bertambah, namun jumlah banyak TPS akan tetap dikurangkan. Karena, telah diatur dan sesuai dengan ketentuan Pilkada ditahun 2020 ini ada pengurangan jumlah TPS. 

Dimana jumlah TPS pada Pemilu 2019 lalu, ada sebanyak 1.479 TPS sedangkan untuk Pilkada tahun ini hanya berjumlah sebanyak 1.099 TPS. 

"Dikurangi sebanyak 380 TPS dibandingkan Pemilu tahun 2019 lalu," ujarnya.

Lanjutnya, saat ini pihaknya sedang melakukan beberapa tahapan dan persiapan menjelang pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 nanti. 

"Meski kondisi daerah masih dalam masa Pandemi, pelaksanaan tahapan tetap berlangsung sesuai jadwal. Dan kita seluruhnya wajib menaati protokoler Covid-19 sampai tahap pencoblosan," tutupnya.

(ind)

Berita Terkait

Baca Juga