Langkah Mitigasi Bencana, BNPB dan Pemkot Pariaman Tanam Seribu Pohon Pinago

Langkah Mitigasi Bencana BNPB dan Pemkot Pariaman Tanam Seribu Pohon Pinago Direktur Mitigasi Bencana BNPB, Jhony Sumbung saat melakukan penanaman pohon Pinago bersama Pemkot Pariaman di kawasan pesisir pantai di daerah itu, Rabu (9/9/2020)(Foto: peri)

Covesia.com - Sebagai langkah mitigasi bencana tsunami, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), menanam seribu pohon Pinago di pesisir pantai kota tersebut. 

"Ini sebagai bagian dari mitigasi struktural secara partisipatif di Kota Pariaman," sebut Direktur Mitigasi Bencana BNPB, Jhony Sumbung usai penanaman pohon Pinago pada Rabu (9/9/2020).

Lanjut Jhony, diharapkan pohon Pinago ini bermanfaat mencegah jika terjadi bencana tsunami di Kota Pariaman. 

"Selain itu juga bisa mengurangi abrasi pantai," ujarnya.

Jhony mengatakan, pohon Pinago ini memiliki keunggulan mulai dari usia yang panjang, sudah berumur ratusan tahun serta batang yang kokoh, dan tinggi, sehingga bermanfaat untuk menghindari terjadinya abrasi serta mengurangi dampak tsunami.

Kata Jhony, penanaman dan budidaya pohon pinago ini, merupakan percontohan sebagai langkah mitigasi bencana berdasarkan kearifan lokal. Jika ini berhasil bisa dilakukan juga di daerah-daerah lain di Indonesia.

"Pohon Pinago ini khas Kota Pariaman, namun pohon dengan jenis yang sama juga ada di daerah lain," ujarnya.

Jhony menyebutkan, untuk pemeliharaan pohon Pinago ini, ia meminta agar dilakukan oleh Pemkot Pariaman, maupun masyarakat yang ada di kota ini. Sehingga tanaman itu terus tumbuh dan dapat menahan abrasi serta mengurangi dampak tsunami.

"Terkait ancaman bencana tsunami ini, semuanya di sepanjang pantai bisa saja terjadi, namun kita tidak pernah tahu kapan terjadi. Jadi kita harapkan dengan adanya penanaman pohon pinago ini bisa mencegahnya," ungkapnya.

Jhony kembali mengimbau, agar pemerintah daerah dan masyarakat agar bisa membibitkan pohon PInago ini, kemudian melakukan penanaman pohon Pinago ini disepanjang pantai. 

(per)


Berita Terkait

Baca Juga