Kontak dengan Kasus Konfirmasi Positif Covid-19 Sebelumnya, Puluhan Wartawan di Agam Jalani Uji Swab

Kontak dengan Kasus Konfirmasi Positif Covid19 Sebelumnya Puluhan Wartawan di Agam Jalani Uji Swab Tampak salah seorang wartawan di kabupaten Agam yang menjalni Swab Test, Selasa (8/9/2020)(Foto: Johanes)

Covesia.com - Pasca terkonfirmasinya 2 orang calon kepala daerah usai mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Agam, Minggu (6/92020) lalu, puluhan jurnalis yang melakukan tugas peliputan jalani swab test di Puskesmas Lubuk Basung, Selasa (8/9/2020).

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Agam Mursyidi mengatakan, usai terkonfirmasinya dua calon kepala daerah usai mendaftar di KPU Agam, pihaknya langsung mengambil langkah cepat guna mencegah penularan.

"Kita lansung berkoordinasi dengan Gugus Tugas Pencegahan Penularan (GTP2) Covid-19 Agam, dan langsung mengambil swab sample wartawan yang ikut meliput kegiatan tersebut," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com.

Selain melakukan swab sample pihaknya juga menggunakan Kantor PWI Agam untuk lokasi isolasi mandiri bagi wartawan yang tidak mengalami kesulitan untuk isolasi hingga hasil tes keluar.

"Sebagai bentuk kewaspadaan, kita juga menjadikan Kantor PWI Agam sebagai tempat isolasi teman-teman wartawan, karena keterbatasan ruangan kita menginstruksikan untuk tetap menjaga jarak dan taati protokol kesehatan," katanya lagi.

Menurut Mursyidi, wartawan merupakan salah satu profesi yang rentan terhadap penularan Covid-19, dalam menjalankan tugas, para pencari berita ini akan berinteraksi dengan masyarakat banyak.

Guna mengindari penyebaran, pihaknya selalu mengimbau untuk mematuhi protokol kesehatan, sebisa mungkin tidak melakukam interaksi lansung dan selalu menggunakan masker dan Hand Sanitizer.

"Memutus penyebaran Covid-19 adalah tanggung jawab kita bersama, intinya harus mematuhi imbauan dan patuhi protokol kesehatan," pungkasnya.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga