Dua Cakada Agam Positif Covid-19, Gugus Tugas Siapkan Langkah Penanganan

Dua Cakada Agam Positif Covid19 Gugus Tugas Siapkan Langkah Penanganan Ilustrasi (dok.Covesia)

Covesia.com - Dua Calon Kepala Daerah, Kabupaten Agam dikabarkan Positif terinfeksi Covid-19 usai mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Menyusul informasi terbaru yang di rilis oleh Gugus tugas Covid-19, Sumbar, Senin (7/9/2020).

Ketua KPU Agam Riko Antoni membenarkan perihal tersebut. Saat pihaknya bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Agam tengah membahas langkah-langkah yang akan dilakukan terkait dengan perkembangan kasus.

Dijelaskan Riko dalam proses pendaftaran calon kepala Daerah, pihaknya sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat baik berupa penggunaan masker, mencuci tangan dan pengukuran suhu tubuh sebelum memasuki ruangan pendaftaran serta menghimbau para pengusung dan simpatisan cakada untuk mengatur jarak.

Mengantisipasi penyebaran virus, Ketua beserta seluruh petugas KPU Agam akan melakukan Swab tes serta mensterilkan kembali kawasan kantor KPU Agam. 

Sementara itu Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Agam, Martias Wanto mengatakan, saat ini pihaknya tengah membahas langkah-langkah yang akan dilakukan, baik kemungkinan penutupan pelayanan kantor bupati Agam, KPU Agam, termasuk di hotel Sakura Syariah, karena sebelumnya lokasi tersebut juga digunakan untuk kegiatan yang menghimpun banyak massa sebelum pelaksanaan pendaftaran Cakada. "Kita masih koordinasikan langkah-langkah lebih lanjut saat ini ,nanti akan kita kabarkan kembali,” katanya

Sementara itu dalam kasus ini, tracking yang dilakukan cukup banyak mengingat proses pencalonan kepala daerah diikuti banyak masa, baik pendukung, simpatisan, petugas pengamanan, dan wartawan yang meliput.

"Bagi yang merasa pernah melakukan kontak secara langsung kami menginstruksikan untuk melakukan Swab tes di puskesmas yang sudah di sediakan," tutupnya.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga