Wabup Agam Trinda Farhan Satria Positif Covid-19, Seluruh Petugas KPU Jalani Swab Tes

Wabup Agam Trinda Farhan Satria Positif Covid19 Seluruh Petugas KPU Jalani Swab Tes Wabup Agam Trinda Farhan Satria saat mendaftar di KPU Agam, Minggu (6/9/2020)

Covesia.com - Wakil Bupati Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Trindra Farhan Satria dinyatakan positif Covid-19 usai mendaftar sebagai Cabup dan Cawabup Agam.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Indra Rusli mengatakan, Trinda Farhan Satria terkonfirmasi positif Covid-19, hal itu berdasarkan hasil pemeriksaan dari Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, yang dikeluarkan Minggu (6/9/2020) malam.

"Trinda Farhan Satria masuk ke dalam Positif Covid-19, dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG)," ujarnya Senin (7/9/2020).

Saat ini Tim dari Dinas Kesehatan setempat sedang melakukan penelusuran orang yang pernah kontak dengan Wakil Bupati. 

"Untuk hari ini, kita sudah melakukan tes usap terhadap 12 orang yang berasal dari keluarga, anggota Satpol PP, sopir, ajudan dan lainya, kepada warga yang merasa pernah melakukan kontak dengan beliau kami menghimbau agar melakukan tes usap di Puskesmas terdekat dan melakukan isolasi mandiri di rumah," ulasnya.

Sementara, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Agam Riko Antoni mengatakan, pihaknya akan melakukan penelusuran kepada jajaran KPU setempat yang melakukan kontak dengan Wakil Bupati. 

"Kota telah berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 untuk melakukan tes usap bagi seluruh jajaran KPU, dijadwalkan akan dilakukan siang ini," kata Riko.

Untuk pelaksanaan tes kesehatan bakal calon, pihaknya sudah menyurati KPU Provinsi Sumbar untuk langkah selanjutnya. "Sesuai PKPU Nomor 10 tahun 2020 tentang Pencalonan tes kesehatan Trinda Farhan Satria diundur sampai hasilnya dinyatakan negatif," tutupnya.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga