Audy Joinaldy Berbagi Ilmu Tentang Peternakan Ayam di Chanel Youtube Ajo Buset

Audy Joinaldy Berbagi Ilmu Tentang Peternakan Ayam di Chanel Youtube Ajo Buset Dok. Media Center Audy Joinaldy

Covesia.com - Melalui kanal YouTube Penyanyi Kicak Minang Ajo Buset, Calon Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy berbagi ilmu terkait jenis ayam peternak yang bisa bertelur dan ayam hias.

Berjudul Ayam Da Joen Lewat kanal YouTube Ajo Buset "Tenenew Channel" Audy Joinaldy tampak membicarakan berbagai hal tentang peternakan khususnya tentang jenis ayam. 

Di video tersebut, Ajo Buset tengah bingung kenapa ayamnya tidak bertelur. Tak lama, Audy Joinaldy datang nenegur sapa dan menjelaskan kenapa ayam Ajo Buset tidak bertelur. 

Audy memberikan tips kepada Ajo Buset bahwa yang bertelur adalah ayam petelur bukan ayam hias seperti yang dimiliki Ajo buset. Sambil mengangguk Ajo Buset mendengarkan penjelasan Audy. 

"Ayam yang bertelur itu diidentik dengan warna coklat.Jadi tidak semua ayam yang bertelur, ada ayam yang khusus dipelihara untuk bertelur, yang bisa memproduksi telur berwarna coklat, yang ada di pasar dan supermarket," jelas Audy.

Tak hanya itu, Audy juga menjelaskan bahwa ayam kampung jika bertelur warnanya putih. Sedangkan, ayam yang diidentik dengan warna coklat tanpa dikandangkanpun akan bertelur, karena merupakan ayam betina.

Meski demikian kata Audy ayam yang bertelur tanpa perkawinan tidak bisa menetas karena tidak ada ayam jantan. 

Jika ingin menetas telurnya, Audy menyarankan, agar ayam betina dan jantan ada proses perkawinan. Jadi selama 21 hari bisa menetas telurnya sehingga menjadi anak ayam dan bisa dipelihara.

Di vidio tersebut juga ada Nuzul Amri, Ketua Tim Media Audy Joinaldy datang menemui Ajo Buset. Nuzul mengatakan bahwa pria yang berbincang dengan Ajo itu adalah  pengusaha di Bagian Timur yang paham tentang peternakan.

"Rencananya Audy Joinaldy juga akan membangunan usaha di negeri kita," kata Nuzul. 


Berita Terkait

Baca Juga