Puluhan Rumah Warga di Pasbar Nyaris Tenggelam Direndam Banjir

Puluhan Rumah Warga di Pasbar Nyaris Tenggelam Direndam Banjir Puluhan rumah warga Ujung Gading, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat nyaris tenggelam akibat terendam banjir, Jumat (4/9/2020) sore

Covesia.com - Puluhan rumah warga di Ujung Gading, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, nyaris tenggelam akibat terendam banjir, Jumat (4/9/2020) sore ini.

Bencana Banjir yang dialami masyarakat Ujung Gading ini menjadi duka di Pasaman Barat ditengah kesibukan penuh suka cita di Ibu Kota daerah itu yakni hari pertama pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat tahun 2020.

Puluhan rumah warga di Jorong Irian dan Jorong Teluk Embun, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang direndam banjir dengan ketinggian mencapai tiga meter yang nyaris menenggelamkan rumah warga.

Salah seorang tokoh pemuda Jorong Teluk Embun, Randi Wisata mengatakan bencana banjir itu diakibatkan tingginya intensitas hujan mengguyur wilayah itu sejak sekitar pukul 17.30 WIB, tadi.

"Sehingga mengakibatkan Sungai Batang Bayang yang berada dipinggir kampung ini meluap hingga ke pemukiman penduduk," kata Randi.

Beruntung dalam peristiwa banjir in tidak ada korban jiwa. Namun kerugian materil ditaksir ratusan juta rupiah.

"Bersyukur para warga kita bisa menyelamatkan diri dengan segera sebelum air nyaris menghilangkan rumah mereka. Meskipun mengalami kerugian materil mencapai ratusan juta rupiah. Karena memang tidak ada harta benda yang dapat diselamatkan oleh warga setempat saat banjir melanda," tambahnya.

Randi menyampaikan hingga saat ini belum ada dari dinas terkait atau pun Pemerintah Kecamatan yang turun ke lokasi banjir.

"Kebutuhan mendesak warga saat ini adalah tenda dan sembako serta pakaian layak pakai. Kita berharap dinas terkait maupun BPBD segera turun dan membawa bantuan," tutupnya.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga