Ketua KPU Sumbar Sebut Berkas Pendaftaran Pasangan Calon Mahyeldi-Audy Lengkap

Ketua KPU Sumbar Sebut Berkas Pendaftaran Pasangan Calon MahyeldiAudy Lengkap Pasangan Mahyeldi dan Audy saat mendaftar ke KPU Sumbar, Jumat (4/9/2020)(Foto: Covesia/ Laila)

Covesia.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, Amnasmen mengatakan bahwa KPU telah membuka pendaftaran pasangan calon yang maju Pilkada dari Jumat (4/9/2020) hingga Minggu (6/9/2020) mendatang. 

"Penerimaan pendaftaran pasangan calon untuk pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur pak Mahyeldi dan pak Audy sudah selesai. Alhamdulillah syaratnya lengkap dan sah," ungkapnya saat ditemui wartawan usai penerimaan berkas di kantor KPU, Jumat (4/9/2020).

Lebih lanjut Amnasmen mengatakan pasangan calon Mahyeldi Audy didaftarkan oleh PKS dan PPP. "Pertama, KPU memastikan syarat wajib bahwa pasangan calon yang datang ke KPU harus disertai kepengurusan partai politik yang sah, baik dokumennya maupun personalnya," jelasnya. 

Tak hanya itu ia mengatakan KPU memverifikasi partai politik ketua dan sekretaris, kemudian menanyakan calon yang datang itu benar-benar personal yang sebenarnya.

"Kedua, kita juga memeriksa secara teliti sarat pencalonan yang diserahkan oleh pendaftar, dan alhamdulillah syaratnya lengkap dan sah," tambahnya. 

Ketiga, KPU juga meneliti syarat calon yang diserahkan oleh pasangan calon. Syarat ketentuan itu mesti lengkap dan alhamdulillah tadi syaratnya lengkap.

Dikatakan Amnasmen pasangan calon juga menyerahkan hasil swab pasangan calon yang bersangkutan. Kemudian menyelesaikan administrasi berita acara dan membuat tanda terima, surat pengantar untuk selanjutnya pasangan calon akan melaksnakan tes kesehatan di RSUP M Djamil.

"Kita menerima dan menunggu pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur Sumbar berikutnya sampai hari Minggu," ujarnya. 

Disampaikan Amnasmen, berdasarkan informasi dari LO yang disampaikan ke KPU ada 3 pasangan calon lagi yang akan mendaftar ke KPU. 

"Artinya ada 4 pasang calon yang mungkin akan mendaftar ke KPU. Besok, sesuai dengan konfirmasi akan datang Pak Mulyadi dan Pak Ali Mukhni, lalu hari Minggu akan datang 2 paslon yaitu Pak Nasrul Abit dan Pak Indra Catri lalu pasangan calon Pak Fakhrizal dan Pak Genius Umar," imbuhnya. 

Untuk mekanisme pendaftaran, jika ada yang positif Covid-19 tentu tidak bisa hadir ke KPU. "Kemudian calon bisa juga tidak hadir, namun meski diberikan surat keterangan oleh instansi yang bersangkutan kenapa pasangan calon tidak hadir," tutupnya. 

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga