H-1, Belum Satupun Bapaslon Konfirmasi Pendaftaran ke KPU Limapuluh Kota

H1 Belum Satupun Bapaslon Konfirmasi Pendaftaran ke KPU Limapuluh Kota KPU Limapuluh Kota (Foto: dok.covesia)

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota akan membuka pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Kepala Daerah yang akan bertarung di Pilkada Limapuluh Kota tahun 2020 ini, Jumat (4/9/2020). Namun, satu hari sebelum pendaftaran, belum ada satupun Bapaslon yang mengkonfirmasi untuk mendaftar. 

"Sampai siang ini belum ada satupun bapaslon yang mengkonfirmasi untuk mendaftar ke KPU. Tapi yang konsultasi sudah ada dua Bapaslon," sebut Komisioner Bidang Teknis dan Pelaksanaan, KPU Limapuluh Kota, Rina Safitri kepada covesia.com, Kamis (3/9/2020).

Namun, Rina belum bisa menyebutkan dua Bapaslon yang sudah konsultasi tersebut.

"Yang jelas dua bapaslon yang sudah konsultasi bagaimana mekanisme pendaftaran. Hanya saja, untuk konfirmasi pendaftaran belum ada satupun," ucapnya.

Rina berharap, sebelum Bapaslon datang ke KPU untuk mendaftar, terlebih dahulu mengkonfirmasi ke KPU. Hal ini untuk mencegah adanya jadwal yang berdempet antara satu bapaslon dengan bapaslon lain.

"Bagusnya dikonfirmasi dulu. Jadi bisa disusun jadwal untuk masing-masing Bapaslon yang mendaftar. Takutnya nanti ada jadwal bapaslon yang berdempetan," sebutnya.

Sampai saat ini di Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota, sudah ada empat Bapaslon yang mencuat namanya untuk tampil dalam pesta demokrasi 9 Desember 2020 mendatang. 

Bapaslon tersebut adalah Ferizal Ridwan - Nurkhalis yang maju dari jalur independent, Muhammad Rahmad - Asyirwan Yunus yang mengantongi rekomendasi Partai Gerindra, PKB dan Hanura (12 kursi)

Kemudian Safaruddin - Rizki Kurniawan Nakasri yang mengantongi Rekomendasi partai Golkar dan PPP (8 kursi). Terakhir pasangan Darman Sahladi - Maskar Dt Pobo diberi amanah oleh Partai Demokrat dan PAN (8 kursi). 

Sedangkan untuk PKS yang mengantongi 4 Kursi di legislatif, PDI-P dengan 2 kursi dan Nasdem dengan 1 Kursi belum menentukan kepada siapa rekomendasi diberikan. 

Hanya saja, beredar informasi PDI-P telah memberikan rekomendasi kepada petahana Irfendi Arbi - Mantan Anggota DPRD Limapuluh Kota, Chandra (H. Cal-red). Modal dua kursi oleh PDI-P belum bisa mengantarkan pasangan ini maju ke Pilkada Limapuluh Kota karena minimal harus 7 Kursi. Satu-satunya cara harus berkoalisi dengan PKS dan Nasdem untuk melengkapi kebutuhan 7 kursi tersebut.  

(agg) 

Berita Terkait

Baca Juga