Antisipasi Penyebaran Covid-19, Wabup Pessel Rusma Yul Anwar Jalani Tes Swab Mandiri

Antisipasi Penyebaran Covid19 Wabup Pessel Rusma Yul Anwar Jalani Tes Swab Mandiri Rusma Yul Anwar usai tes swab di RSUD. M.Zein Painan. (Istimewa)

Covesia.com - Guna mengantisipasi dan memastikan tidak terjangkit Covid-19, Wakil  Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Rusma Yul Anwar menjalani tes swab mandiri di RSUD. M.Zein Painan, Rabu (2/8/2020). 

Selain untuk mengantisipasi penyebaran dan memastikan kesehatannya, surat keterangan swab dari rumah sakit juga termasuk salah satu syarat yang diminta KPU saat pendaftaran bakal calon. Rusma Yul Anwar saat ini juga sebagai bakal calon bupati untuk bertarung pada Pilkada Desember mendatang. 

"Kita datang hanya berdua, dan Tes swab mulai dilakukan 13.30 WIB dan selesai sekitar pukul 14.00 WIB,"sebutnya pada wartawan usai menjalani tes swab di RSUD. M.Zein Painan. 

Menurutnya, tes swab secara mandiri semestinya. Harus menjadi kewajiban dan kesadaran tersendiri. 

Sebab katanya, itu adalah salah satu langkah dalam mencegah penularan virus berbahaya ini. 

"Tes swab mandiri adalah langkah dalam mendeteksi infeksi COVID-19 dan mencegah penyebaran pandemi secara masif," ujarnya

Pada kesempatan itu, Wabu Pessel juga tidak lupa berpesan kepada seluruh masyarakat Pessel, untuk tetap mematuhi protokoler Covid-19. Dan ia juga mengajak masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam mengatasi Covid-19. 

"Ayok kita sadar, dan mari kita sama-sama lawan Covid-19 dengan menerapkan protokoler Covid-19. Seperti, rajin cuci tangan, pakai masker, jaga jarak dan jaga imun diri untuk tidak mudah tertular,"ucapnya

Sebelumnya, Ketua KPU Pessel, Epaldi bahar menyebutkan, tes swab adalah merupakan serangkaian dalam pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani serta kesehatan bebas dari penyalahgunaan narkotika pada pendaftaran Pilkada 2020.

"Sesuai keputusan rakor di KPU Provinsi, IDI (Ikatan Dokter Indonesia) sebagai pihak yang diberikan wewenang untuk berkoordinasi dengan KPU dalam pelaksanaan Pilkada ditengah Covid, menyarankan untuk pasangan calon melaksanakan tes swab Covid," sebutnya pada Covesia.com, Senin (31/8/2020) kemarin.  

(ind)



Berita Terkait

Baca Juga