37 Siswa SMA 2 Padang Kesulitan Ikut Belajar Daring, Ini Solusi dari Sekolah

37 Siswa SMA 2 Padang Kesulitan Ikut Belajar Daring Ini Solusi dari Sekolah Ilustrasi (Detik.com)

Covesia.com - Belajar daring di berbagai sekolah sudah dilakukan semenjak 13 Juli lalu di Sumbar. Tak sedikit yang mengalami kendala khususnya soal jaringan internet. Sedikit berbeda di SMAN 2 Padang, bukan perihal jaringan, ada siswa kesulitan belajar online karena tidak memiliki smartphone.

"Ada 37 siswa yang masuk deretan keluarga kurang mampu di SMAN 2 Padang. Mereka tidak punya smartphone untuk mengakses tugas yang diberikan oleh guru," ungkap Kepala Sekolah SMAN 2 Padang, Syamsyul Bahri saat dihubungi Covesia.com, Senin (31/8/2020).

Lebih lanjut Syamsyul mengatakan selama ini solusi untuk siswa kurang mampu yang tidak memiliki gawai bisa menumpang pada teman terdekatnya. Namun, masalah ini harus segera dipecahkan. 

"Sekolah bekerjasama dengan alumni SMA 2 untuk mencarikan solusi. Alhamdulillah, 37 siswa tersebut akan dipinjamkan gawai dari sekolah, semoga 15 September mendatang siswa kurang mampu sudah bisa menggunakannya," terangnya. 

Selain itu Syamsyul mengatakan untuk paket data sendiri siswa sudah dimudahkan oleh Telkomsel dengan adanya paket data 10 Rupiah untuk pelajar. 

Efektivitas untuk belajar sudah maksimal karena di masa pandemi ini siswa belum bisa ke sekolah untuk belajar tatap muka.  "Guru-guru juga sangat terbantu dengan adanya portal Si Cadiak Pandai," imbuhnya. 

Meski demikian untuk pembelajaran praktek siswa belum bisa, jadi ditunda dulu. 

"Kami berharap pandemi segera berakhir hingga sekolah bisa seperti semula. Kepada seluruh masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan agar tidak terkena virus," harapnya. 

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga