Kemenag Sumbar: Pondok Pesantren Berperan Aktif Cerdaskan Anak Bangsa

Kemenag Sumbar Pondok Pesantren Berperan Aktif Cerdaskan Anak Bangsa Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama PRovinsi Sumatera Barat Hendri

Covesia.com - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama PRovinsi Sumatera Barat Hendri mengungkapkan bahwa pemerintah serius dalam membesarkan pondok pesantren.

Hal tersebut dibuktikan seperti struktur Pondok pesantren sudah diakomodir oleh kementerian agama mulai dari  pusat sampai ke daerah. 

"Perjuangan ini juga sampai ke presiden sehingga melahirkan berbagai kebijakan, diantaranya adanya peringatan Hari Santri 22 Oktober yang diperingati setiap tahunnya, ini membuktikan bahwa pemerintah sangat serius memperhatikkan, mengembangkan dan menjadikan pesantren menjadi sebuah wadah untuk mencerdaskan anak anak bangsa," ujarnya seperti dikutip dari sumbar.kemenag.go.id, Senin (31/8/2020).

Selanjutnya, ujar Hendri, dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang pondok pesantren, tentu lebih memperkuat memperkokoh eksistensi pondok pesantren yang tentu saja sebagai warga Negara Indonesia akan menjadi pegangan dalam memajukan pondok pesantren.

Selain itu, terus bergulirnya bantuan sarana prasarana pondok pesantren menjadi salah satu bukti kepedulian pemerintah. Selanjutnya, Pondok psantren didukung kementerian agama melalui guru-guru nya, ada guru yang diperbantukan kementerian agama menjadi pegawai negeri di pondok pesantren.

"Kementerian agama juga berupaya memperhatikan pondok pesantren dengan peningkatan sumber daya melalui berbagai kegiatan pelatihan-pelatihan," ujarnya

Pondok pesantren, imbuhnya, sangat berperan aktif dalam mencerdaskan bangsa, dengan adanya pondok pesantren menaikkan APK (Angka Partisipasi Kasat), meningkatkan IPM (Indeks Peningkatan Pembangunan Manusia).

"Tentu saja ponpes bergerak di bidang pendidikan, dakwah, dan sosial kemasyarakatan mempunyai peran yang sangat penting dalam membangun masyarakat soleh," jelasnya.

(*)

Berita Terkait

Baca Juga