Rencana Pendirian MAN Kejuruan di Agam Diapresiasi Kemenang

Rencana Pendirian MAN Kejuruan di Agam Diapresiasi Kemenang Foto: Humas Kemenag Sumbar

Covesia.com - Ketua DPRD Agam Novi Irwan turun tangan demi berdirinya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kejuruan di Agam. 

Hal ini terlihat dengan kesediannya berkunjung ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Baratpada Selasa (25/8/2020) lalu untuk bersilahturahmi dengan Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri dalam rangka membicarakan percepatan proses pendirian dan langkah-langakah pendirian MAN Kejuruan di Agama.

Novi tak sendiri tapi didampingi oleh dua orang Anggoata DPRD yakni Nesi Harmita dan Antonis. Pembicaraan diawali oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Samsul Arifin.

Mengawali pembicaraan Syamsul Arifin menjelaskan macam tipe MAN yang ada di Indonesia, apa MAN reguler, MAN PK, MAN IC dan salah satu tipe nya adalah MAN Kejuruan.  MAN Kejuruan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki kekhususan di bidang keterampilan bagi siswanya dimana saat ini baru 2 di Indonesia yaitu di Sulawesi Utara dan Kalimantan Utara.

Syamsul juga menjelaskan bahwa pihaknya telah menanggapi secara cepat tentang niat baik Kabupaten Agam dalam mewujudkan berdirinya MAN Kejuruan di Agam tepatnya di Nagari Tiku V Jorong. 

Ia beserta tim pada tanggal 14 Agustus lalu telah langsung meninjau lokasi tanah yang rencananya akan dijadikan lahan untuk pembangunan MAN Kejuruan di Agam.

Atas arahan Kakanwil dan Direktur KSKK Kemenag RI Umar Syamsul meninjau dan memastikan kesiapan masyarakat untuk kehadiran MAN Kejuruan nantinya, mengambil titik koordinat, foto udara lokasi tanah serta sertifikat dan mekanisme perpindahan hak nantinya.

”Dari hasil pantauannya saya waktu itu, melihat kesiapan masyarakat yang dimotori oleh KAN Tiku V Jorong , Kabid Penmad sangat optimis niat baik dan rencana ini akan disetujui oleh  Dirjen Pendis,” ucap Syamsul dikutip dari sumbar.kemenag.go.id, Senin (31/8/2020).

(*)

Berita Terkait

Baca Juga