Jumlah Kasus Covid-19 Meningkat, Pemkot Pariaman Buka Layanan Swab Test Gratis untuk Masyarakat

Jumlah Kasus Covid19 Meningkat Pemkot Pariaman Buka Layanan Swab Test Gratis untuk Masyarakat Ilustrasi Swab Test (Foto: dok.Covesia)

Covesia.com - Meningkatnya jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), pemerintah kota (Pemkot) tersebut membuka pelayanan tes Swab PCR di daerah itu.

Tes Swab PCR tersebut dilakukan dengan cara mengusap rongga nasofarings dan atau orofarings dengan menggunakan alat seperti kapas lidi khusus. Adapun PCR itu adalah polymerase chain reaction yang merupakan metode pemeriksaan virus SARS Cov-2 dengan mendeteksi DNA virus.

Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi Informatika (Kominfo) Kota Pariaman, Hendri menyebutkan, pelayan tes Swab PCR dibuka untuk semua warga Kota Pariaman.

"Dibuka untuk semua warga secara gratis, dan sekarang sedang berlangsung hingga 2 September 2020," ucap Hendri pada Minggu  (30/8/2020) kemarin.

Lanjut Hendri, pelaksanaanya dilakukan di jam kerja, yakni pukul 09.30 WIB sampai dengan 15.00 WIB di rumah Tabuik Subarang disamping Balaikota Pariaman.

"Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat silahkan daftar agar tahu kondisi kesehatan kita, dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19," katanya. 

Diketahui, Sebelumnya Pelaksana Tugas (Plt), Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Syahrul menyebutkan, bahwa kasus positif Covid-19 pada Minggu (30/8/2020) mengalami penambahan di Kota Pariaman, yaitu 11 orang warga kota tersebut yang positif. 

Penambahan 11 orang itu, ada dari Aparatur Sipil Negara (ASN), petugas puskesmas, personil Polres Pariaman serta istri dan anaknya. Kemudian petugas Kejaksaan Pariaman dan pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dengan adanya penambahan itu, total hingga sekarang kasus positif Covid-19 di Kota Pariaman menjadi 53 orang, dan sembuh 8 orang. 

(per)

Berita Terkait

Baca Juga