Forum SDC Dharmasraya Dikukuhkan

Forum SDC Dharmasraya Dikukuhkan Sumber: Humas

Covesia.com - Setelah resmi terbentuk berdasarkan SK Bupati Dharmasraya Nomor: 188.45/28/KPTS-BUP/2020, Forum Pusat Pengembangan Keterampilan Daerah atau Skill Development Centre (SDC) Kabupaten Dharmasraya Periode 2020-2025 resmi dikukuhkan di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya, Selasa (11/08/20). 

Pengukuhan dilakukan oleh Bupati Dharmasraya, dalam hal ini diwakili oleh Plt. Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Lasmita. 

Forum Pusat Pengembangan Keterampilan Daerah Kabupaten Dharmasraya ini terdiri dari unsur akademisi (SMK, LPK, dan Universitas), unsur dunia usaha/industri, serta unsur pemerintah.

Mewakili Bupati Dharmasraya, Lasmita menyampaikan, Forum SDC agar dapat bersinergi dan bekerjasama dalam merencanakan, menyusun, serta melaksanakan tindakan strategis dan sistematis guna menyelesaikan permasalahan-permasalahan ketenagakerjaan di Kabupaten Dharmasraya.

"Melalui fasilitasi Forum SDC, diharapkan angkatan kerja kita siap untuk menghadapi pasar kerja yang kompetitif maupun membangun wirausaha mandiri dan inovatif," tambah Lasmita.

Setelah pengukuhan Forum SDC Kabupaten Dharmasraya, acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi tentang Implementasi Pelaksanaan Forum SDC. 

Kegiatan sosialisasi ini dimoderatori oleh Marten Yunus, selaku Plt. Kepala Dinas Transnaker sekaligus Sekretaris Pembina Forum SDC Kabupaten Dharmasraya.

Hadir sebagai pembicara, Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Nakertrans Provinsi Sumatera Barat, Wilson. 

Dia memaparkan perihal kebijakan ketenagakerjaan Sumatera Barat, kondisi ketenagakerjaan dan arah pembangunan ketenagakerjaan Sumbar ke depan. 

Kemudian Ketua Pelaksana Tim Forum SDC Provinsi Sumatera Barat, Prof. Dr. Sukardi, yang membahas soal sinergitas antara unsur Academic (Diklat), unsur Business (Dunia Usaha/Industri) serta unsur Government (Pemda) atau disingkat ABG.

Adapun, Forum Pusat Pengembangan Keterampilan Daerah ini pada dasarnya bertujuan untuk menyiapkan angkatan kerja melalui program pendidikan dan pelatihan. 

Kemudian mensinergikannya dengan dunia usaha/industri, agar dapat menempatkan tenaga kerja sebanyak mungkin maupun membangun wirausaha mandiri.

"Ke depan Forum SDC ini akan segera merencanakan, menyusun dan melaksanakan kebijakan strategis guna peningkatan SDM Ketenagakerjaan dan memfasilitasi perluasan kesempatan kerja di Kabupaten Dharmasraya," kata Plt. Kadis Transnaker selaku Moderator sekaligus menutup rangkaian kegiatan sosialisasi.

Berita Terkait

Baca Juga