Terjadi Penambahan, Pasbar Kirim 111 Spesimen Tes Usap ke Laboratorium Unand Padang

Terjadi Penambahan Pasbar Kirim 111 Spesimen Tes Usap ke Laboratorium Unand Padang Pelaksanaan tes usap yang diadakan di halaman Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pasaman Barat, Sabtu (8/8/2020). (istimewa)

Covesia.com - Gugus tugas percepatan penanggulangan Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengirimkan 111 spesimen tes usap atau swab test Corona Virus Disease (COVID-19) ke Laboratorium Unand Padang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat, dr Gina Alecia mengatakan jumlah spesimen itu bertambah dari 90 orang hasil tracking atau penelusuran sebelumnya.

"Awalnya ada 90 orang yang melakukan tes usap atau swab hari ini. Namun bertambah menjadi 111 orang," terang Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat, dr Gina Alecia di Simpang Empat, Sabtu (8/8/2020).

dr Gina Alecia mengatakan pelaksanaan tes usap yang diadakan di halaman Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) berjalan lancar dan tidak ada kendala.

Tes usap dilaksanakan oleh tenaga medis dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang dimulai sejak pukul 08.30 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

"Hasilnya tes usap telah kita kirim ke Laboratorium Unand . Hasilnya kemungkinan dapat diketahui Minggu (9/8) besok," katanya.

Pihaknya juga terus melakukan pelacakan atau tracing kepada warga yang pernah kontak dengan dua orang pasien positif itu.

"Direncanakan pada Senin (10/8) kita kembali melakukan tes usap kembali," sebutnya.

Tes usap itu dilakukan usai dua orang Aparatur Sipil Negara (ASN) positif COVID-19 itu merupakan pasangan suami istri SP (30) dan CBR (25) yang bertugas di Sekretariat Daerah Pemkab Pasaman Barat dan Bappeda Pasaman Barat.

Kedua suami istri itu merupakan pelaku perjalanan. Mereka melakukan perjalanan dari Lhokseumawe Aceh menuju Medan Sumatera Utara menggunakan bus pada tanggal 2 Agustus 2020. Kemudian dari Medan ke Kota Padang menggunakan pesawat.

Kedua suami istri itu diketahui positif COVID-19 setelah keluarnya hasil swab dari Laboratorium Unand Padang, Jumat (7/8/2020) kemarin.

(hri/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga