Dompet Dhuafa Bagikan Hewan Kurban untuk 4.168 Jiwa di Sumbar

Dompet Dhuafa Bagikan Hewan Kurban untuk 4168 Jiwa di Sumbar Peneyerahan sapi kurban sebelum proses penyembelihan di Mushalla Babussalam Bungus Timur, Kota Padang. Jumat (31/7/2020)(Foto: dok.dds)

Covesia.com - Dalam momentum Idul Adha 1441 H semangat berbagi tetap melekat dan tak luntur dari para donatur kurban Dompet Dhuafa Singgalang. Pasalnya dibalik pelaksanaan ibadah kurban tahun ini, ada berbagai tantangan salah satunya dampak pandemi Covid-19 yang menyasar ke ekonomi masyarakat terutama di wilayah Sumatera Barat.

Kendatipun demikian, program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa Alhamdulillah tetap digulirkan untuk masyarakat yang terkena dampak pandemi di daerah-daerah terpencil dan jauh dari kota.

Tidak sendiri, tahun ini Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat turut sinergi dengan Dompet Dhuafa Singgalang untuk menyalurkan hewan kurban ke daerah-daerah pilihan di Sumbar dalam program THK.

Budi Hermawan Koordinator BI Religi Perwakilan Sumbar mengatakan melalui program Herbi (Hewan Kurban BI) ikut sinergi dengan Dompet Dhuafa Singgalang dalam menyalurkan hewan kurban. "Program Herbi ini sudah dilaksanakan 2 kali, di tahun 2019 dan di 2020. Sasara kurban ini diutamakan bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpelosok dan terkena dampak pandemi dari sisi ekonomi," papar Budi, dalam siaran persnya yang diterima, Senin (3/8/2020).

Program Herbi telah digulirkan oleh Bank Indonesia pusat, kemudian program ini disebar ke kantor perwakilan BI di masing-masing provinsi. "Untuk kantor BI perwakilan Sumbar tahun ini kita dapat 10 ekor sapi," kata Budi.

"Kami berterimakasih kepada rekan-rekan Dompet Dhuafa Singgalang yang ikut menyalurkan hewan kurban dari karyawan BI ke daerah-daerah pilihan yang masyarakatnya sangat membutuhkan daging kurban," imbuh Budi.

Hadie Bandarian Syah Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Singgalang mengatakan titik sebaran THK dengan program Herbi ke daerah-daerah yang terkena dampak pandemi Covid-19. Ada 10 ekor sapi kurban disalurkan untuk masyarakat di Kota Padang, Kab. Solok, Kab. Pesisir Selatan, Kab. Limapuluh Kota dan Kab. Tanah Datar. 

"Kita sudah distribusikan 10 ekor sapi ini ke 1042 KK atau 4168 jiwa di Sumbar, dengan rincian 2 ekor sapi di Nagari Maek, Limapuluh Kota total penerima manfaat 244 KK 976 jiwa, 2 ekor sapi di Bungus Timur, Kota Padang total 150 KK 600 jiwa. Kemudian 1 ekor sapi di Padang Ganting, Tanah Datar  80 KK 320 Jiwa. 2 ekor Langgai Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan sapi 300 KK, 1200 Jiwa. 2 ekor sapi Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman ada ekor sapi ada 200 K 700 jiwa, dan 1 ekor sapi di Sirukam, Kabupaten Solok total PM 75 KK, 300 jiwa," papar Hadie.

"Kedepannya BI Religi melalui program Herbi bisa terus berkolaborasi, untuk menyalurkan hewan kurbannya. Agar semakin banyak daerah-daerah yang bisa di sasar untuk pendistribusian hewan kurban," kata Hadie.

Saparudin salah seorang penanggung jawab pelaksanaan kurban di Bungus Timur, Teluk Kabung berterimakasih atas program THK dan Herbi yang diadakan dikampungnya. "Kami mengucapkan terimakasih atas kurban yang disalurkan oleh karyawan BI ke daerah kami, semoga di tahun berikutnya ada penyaluran hewan kurban lagi ke daerah Bungus Timur," tutur Saparudin. 

(ril/don)

Berita Terkait

Baca Juga