Korpri Bukittinggi Laksanakan Penyembelihan Tujuh Ekor Hewan Kurban Hari Ini

Korpri Bukittinggi Laksanakan Penyembelihan Tujuh Ekor Hewan Kurban Hari Ini Pemotongan hewan kurban Korpri Bukittinggi yang disaksikan langsung Walikota, Senin (3/8/2020)(Foto: dok.humas)

Covesia.com - Korpri Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan penyembelihan hewan qurban Idul Adha 1441 H/ 2020 yang berlokasi di sekitar Balaikota Bukittinggi, Senin (3/8/2020).

Penyembelihan disaksikan langsung Wali Kota Bukittinggi, Wakil Wali Kota Bukittinggi, Sekretaris Daerah selaku Ketua Korpri, Ketua TP PKK, Ketua Dharma Wanita, Kepala SKPD di lingkungan Pemko Bukittinggi, serta beberapa Kepala BUMD dan anggota Korpri.

Penyembelihan kali ini istimewa karena dilakukan oleh Doni, petugas besertifikat sebagai penjagal. Doni juga berpengalaman menyembelih hewan kurban dari Presiden Jokowi seberat 1,1 ton di Padang beberapa waktu yang lalu.

Ketua Korpri Kota Bukittinggi Yuen Karnova didampingi Sekretaris Taufikurahman mengatakan untuk tahun ini ada enam ekor sapi dan satu ekor kambing yang disembelih. Hewan kurban berasal dari anggota Korpri Kota Bukittinggi dan BUMD seperti BPR dan PDAM.

"Penyembelihan hewan kurban merupakan bentuk perhatian anggota Korpri terhadap pegawai honorer, pegawai golongan I dan masyarakat sekitar termasuk masyarakat yang diidentifikasi belum menerima daging kurban kali ini," jelasnya.

Ia menambahkan dibandingkan tahun lalu ada penurunan, namun bukan disebabkan penurunan pendapatan pegawai, tapi karena ada beberapa SKPD yang menginginkan berkurban di lingkungan tempat tinggal masing-masing. 

"Tahun lalu hewan kurban dari anggota Korpri mencapai tujuh sapi dan dua kambing," katanya.

Yuen berharap, tahun depan dapat ditingkatkan, termasuk anggota DPRD dan BUMD dapat ikut pula memberikan hewan kurbannya bersama anggota Korpri Bukittinggi. 

Sementara Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengatakan jumlah hewan kurban memang mengalami penurunan, tapi tidak terlalu siginifikan. 

"Tahun depan jumlah hewan kurban dapat kita tingkatkan. Inilah momen semua elemen masyarakat bersinergi bersama-sama dalam meringankan beban masyarakat," ulasnya.

Kepada panitia kurban Walikota Ramlan berpesan, untuk memastikan semua warga Bukittinggi mendapat daging hewan kurban yang dipotong tahun ini. Sehingga tidak ada satu warga pun yang tidak ikut mencicipi daging hewan kurban. 

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga