Dua Warga Ponpes Thawalib Parabek Agam Positif Covid-19

Dua Warga Ponpes Thawalib Parabek Agam Positif Covid19 Ilustrasi (dok.Covesia)

Covesia.com - Dua Warga Pondok Pesantren Thawalib Parabek, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Cpcid-19 Agam, Khasman Zaini mengatakan, pasien berinisial RM (33) yang merupakan salah satu pembina asrama dan salah satu santri beinisial HD (15). 

Keduanya diketahui terkonfirmasi Covid-19 setelah dilakukan swab tes terhadap 101 spesimen warga pondok pesantren, yang terdiri dari 63 santri dan 38 pembina asrama, Rabu (29/7) lalu. “Iya ada dua yang Positif satu pembina asrama dan satu lagi santri," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Jumat (31/7/2020).

Dikatakannya saat pasien RM tinggal di kota padang sedangkan Santri yang dinyatakan positi merupakan warga solok. Saat ini pasien RM sudah kembali ke Jati Kota Padang, sementara HD saat ini sudah menjalani karantina mandiri. 

“RM tinggal di Jati dan sudah kembali ke Padang. Karena RM sudah di Padang, kita berharap tidak terjadi penyebaran di Ponpes,” tuturnya.

Saat ini GTP2 Covid-19 Agam bersama tim Pukesmas Padang Lua tengah melakukan tracking lanjutan, sebelumnya Ponpes Parabek telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 terhadap santri dan pembina asrama.

“Saat ini santri laki-laki di asrama hanya 25 orang, sebelumnya kepada mereka sudah diterapkan protokol kesehatan seperti satu kamar satu orang, wajib pakai masker, dilarang berkumpul sampai diketahui hasil pemeriksaan,” ungkapnya.

(jhn).


Berita Terkait

Baca Juga