UPTD Labor Lingkungan Dinas Perkim dan LH Kota Pariaman Dapatkan Akreditasi A Pertama di Sumbar

UPTD Labor Lingkungan Dinas Perkim dan LH Kota Pariaman Dapatkan Akreditasi A Pertama di Sumbar UPTD Labor Lingkungan, Dinas Perkim dan LH Kota Pariaman.

Covesia.com - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Labor Lingkungan, Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), menjadi labor pertama mendapatkan Akreditasi A, di provinsi tersebut. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Perkim dan LH Kota Pariaman, Ferry Abidin, pada Kamis (30/7/2020).

"UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Perkim dan LH Kota Pariaman, mendapatkan pengakuan dari Komite Akreditasi Nasional (KAN), terhadap penambahan 11 parameter baru yang dapat diuji," sebut Ferry Abidin.

Lanjut Ferry Abidin, sejak 2012 mulai diisi dan aktif pada tahun 2014 dengan standar pelayanan serta mutu sendiri. Baru tahun 2017 lalu, labor itu resmi mendapatkan akreditasi internasional tingkat Asia yang dikeluarkan oleh Komite Akreditasi Nasional Republik Indonesia (KAN RI), yaitu akreditasi A. 

"Akreditasi itu berlaku secara internasional, terutama pada 62 negara yang dalam lingkup lembaga akreditasi internasional Asia Pacific Laboratory Accreditation Cooperation (APLAC) dan International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC) sehingga saat ini," katanya. 

Ferry Abidin menyebutkan, sudah seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sumbar, dan beberapa daerah di Sumatera yang melakukan kunjungan studi tiru ke UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Perkim LH Kota Pariaman.

"Saat ini kami sudah menandatangani MoU dengan tiga daerah di Sumbar, yaitu Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Dharmasraya," jelasnya.

Dikatakan Ferry Abidin, laboratorium Lingkungan merupakan hal yang sangat penting untuk pengujian sampel lingkungan yang ada di daerah, dan dengan adanya labor tersebut maka akan menjadi sebuah keuntungan besar bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman dalam hal peningkatan PAD dari pengujian sample yang dikirimkan.

Ferry Abidin juga menyampaikan, bahwa saat ini UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Perkim LH Kota Pariaman, mempunyai personil sebanyak 18 orang, dan mereka mempunyai tanggung jawab tersendiri terhadap pengujian beberapa parameter yang sudah didapatkan akreditasi dari KAN.

"Akreditasi ini berlaku selama 4 tahun, dan nanti akan ada reakreditasi lagi dari KAN RI, dan untuk itu kami harus menyelesaikan laporan terhadap 38 parameter yang telah diakui oleh KAN pada akhir tahun 2020 ini. Apabila laporan ini tidak selesai, maka akreditasi yang kami dapat akan dibekukan. Kami berusaha untuk terus mendapatkan pengakuan akreditasi tersebut, walaupun dengan personil dan anggaran terbatas," ungkapnya.

(per)

Berita Terkait

Baca Juga