Bawaslu Padang Pariaman Ajak Masyarakat Ikut Awasi Proses Coklit

Bawaslu Padang Pariaman Ajak Masyarakat Ikut Awasi Proses Coklit Ketua Bawaslu Padang Pariaman, Anton Ishaq.

Covesia.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Padang Pariaman, mengajak masyarakat bersama-sama mengawas proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit), yang dilakukan oleh petugas pemutakiran data pemilih (PPDP) di kabupaten tersebut.

"Sebab proses coklik yang sedang berlangsung ini adalah langkah awal untuk hak pilih masyarakat," sebut Ketua Bawaslu Padang Pariaman, Anton Ishaq pada Rabu (29/7/2020).

Lanjut Anton, makanya coklit pemilih ini sangat penting karena menyangkut hak pilih seseorang dan haruslah terdata dengan baik, secara khusus menjelah pilkada serentak nanti. 

"Jadi bukan saja penyelenggara pemilu yang mengawal, saya harap masyarakat juga ikut terlibat. Kalau coklit sudah bagus pasti tidak akan ada masalah lagi," ucapnya.

Anton mengatakan, jika ada masyarakat yang menemukan dugaan pelanggaran penggunaan KTP, agar melaporkan ke Panwascam, seperti ada yang baru diangkat menjadi TNI dan Polri atau pun ada masyarakat yang sudah meninggal tetapi tetap dimasukan dalam daftar pemilih.

"Jangan sampai hal yang seperti itu masuk dalam daftar pemilih," ujarnya.

Kemudian kata Anton, biasanya jika daftar pemilih ini tidak disusun rapi semenjak awal, maka ini akan menjadi sangketa nantinya dalam Pilkada. Terkadang ini akan menjadi alasan bagi calon yang kalah bertarung di Pilkada untuk mengajukan gugatan.

"Untuk itu semuanya harus bisa disiasati semenjak dari awal tahapan ini," katanya.

(pri)


Berita Terkait

Baca Juga