Sempat ditunda, Pilwana Serentak di Pasaman Bakal dilaksanakan Agustus 2020 Mendatang

Sempat ditunda Pilwana Serentak di Pasaman Bakal dilaksanakan Agustus 2020 Mendatang Kadis Pemberdayaan Masyarakat (DPM), Hasiholan Hutagalung. Dok Covesia

Covesia.com - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat memastikan pelaksanaan perhelatan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak didaerah itu digelar pada bulan Agustus tahun 2020 mendatang.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM), Hasiholan Hutagalung mengatakan kepastian itu didapat setelah melewati pertimbangan yang matang dari pemerintah daerah setempat ditengah masa pandemi Covid-19 ini.

"Sesuai keputusan Bupati Pasaman bersama pemerintah daerah jajaran bahwa Pilwana yang sempat tertunda akan digelar awal bulan Agustus 2020 ini," terang Kepala Dinas Pemberdayaan Pasaman, Hasiholan Hutagalung kepada Covesia.com, dikutip Rabu (28/7/2020).

Hasiholan Hutagalung menyampaikan untuk tahapan pemilihan Wali Nagari serentak ini dimulai dari masa kampanye yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 3 sampai dengan 5 Agustus 2020.

"Kemudian untuk masa minggu tenang yang tidak diperkenankan menyelenggarakan kampanye selama dua hari mulai dari tanggal 6 sampai dengan 8 Agustus 2020. Selanjutnya untuk pencoblosan dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2020," tambah Hasiholan Hutagalung.

Pihaknya menegaskan pelaksanaan Pilwana ini tetap memakai standar protokol kesehatan untuk mencegah kemungkinan penyebaran Virus Corona (Covid-19).

"Tetap menerapkan standar protokol keaehatan yang ada sesuai perintah gugus tugas. Agar nantinya tidak terjadi penyebaran Covid-19," katanya.

Kata dia para Wali Nagari yang terpilih nantinya direncanakan akan dilantik pada tanggal 24 Agustus 2020 mendatang di Kantor Bupati Pasaman.

"Maka dari itu kita harapkan semua pihak dapat mendukung terlaksananya Pilwana yang lancar, aman dan tertib. Agar tidak lagi mengganggu jadwal yang sudah ditetapkan ini. Kami juga mengimbau kepada para calon wali Nagari untuk tetap menjaga kenyamanan dan ketertiban dimasyarakat," harapnya.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga