Pasaman Serius Bina UMK Olah Ikan Tawar Menjadi Berbagai Macam Makanan

Pasaman Serius Bina UMK Olah Ikan Tawar Menjadi Berbagai Macam Makanan Bupati Pasaman, Yusuf Lubis saat melihat aneka produk UMK Pasaman hasil olahan ikan tawar. (Dok Covesia)

Covesia.com - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat melalui Dinas Perikanan saat ini tengah serius mengembangkan aneka produk olahan ikan tawar menjadi berbagai macam makanan lewat para pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK).

Kepala Dinas Perikanan Pasaman, M Dwi Richie mengatakan pihaknya sengaja memanfaatkan potensi ikan tawar di daerah itu diolah menjadi beraneka makanan.

"Produksi ikan tawar di Pasaman cukup banyak. Saat ini kami telah mengandeng Usaha Mikro Kecil (UMK) di daerah ini dengan diberikan pembinaan, pelatihan dan bantuan untuk peningkatan hasil produk mereka. Terobosan itu ditujukn untuk membuka akses kepada para pelaku UMK dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama dalam pengolahan ikan menjadi makanan ringan,” terang M Dwi Richie di Lubuk Sikaping, dikutip Rabu (29/7/2020).

Dengan pembinaan yang telah di lakukan ini kata M Dwi Richie, pelaku UMK di Pasaman sudah banyak yang membuat produk-produk makanan ringan yang berbahan ikan. Bahkan kini makanan ringan itu telah menembus dunia pasar.

M Dwi Richie berharap, makanan ringan atau semacamnya yang berbahan ikan juga dapat dipasarkan melalui inovasi khusus nantinya.

“Jadi kita berharap ikan ini tidak saja untuk dimasak dan dijadikan lauk, namun juga bisa diolah menjadi makanan ringan atau semacamnya. Bila ini terjadi, otomatis putaran penjualan ikan bakal meningkat, masyarakat pun sehat dan sejahtera,” harapnya.

Kata Richie, beberapa UMK Pasaman binaan Dinas Perikanan yang telah membuat produk-produk makanan ringan berbahan ikan itu diantaranya, UMK Borkat Manian, alamat Air Bungkeh Jorong Bahagia Nagari Panti Utara.

“UMK ini memproduksi Abon ikan betutu, mintak ikan betutu,  rendang betutu, aneka olahan lele asap, dan nila kering,” katanya.

Selanjutnya, UMK Bungga Rosella, alamat Jrg II Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, jenis produk kerupuk ikan.

"Kemudian, UMK Mina Semangat Baru alamat Jalan Flamboyan Kecamatan Rao dengan produk kembang loyang rasa ikan, UMK Usaha Keluarga alamat Jprong Kp Talang Kecamatan Bonjol dengan produk lele asap,  serta UMK Khadafi Jorong Batu Badindiang Utara Nagari Limokoto Kecamatan Bonjol dengan produk ikan lele," tutupnya.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga