Stok Masih Aman, Permintaan Hewan Kurban di Pessel Turun dari Tahun Lalu

Stok Masih Aman Permintaan Hewan Kurban di Pessel Turun dari Tahun Lalu Ilustrasi hewam kurban (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mengungkapkan persediaan stok hewan kurban di daerah itu menjelang Idul Adha masih terpantau aman. Namun, permintaannya turun dibandingkan tahun lalu. 

"Untuk persediaan hewan ternak dan sapi kurban tercatat meningkat dari tahun sebelumnya. Namun, permintaan sapi kurban cenderung menurun," sebut Sekretaris Disnakkeswan Pessel, Yosro pada wartawan Selasa (28/7/2020) 

Ia menjelaskan, berdasarkan catatan yang dimiliki pihaknya. Jumlah populasi sapi ternak tahun ini ada sebanyak 83.687 ekor, dan sapi jantan berjumlah 23.122 ekor.

Sedangkan catatan tahun lalu, jumlah populasi sapi ternak hanya sebanyak 82 ribu ekor, dan sapi jantan Sebanyak 21 ribu ekor. 

"Artinya, populasi sapi ternak kita ditahun ini meningkat sekitar 2 ribu lebih dari tahun lalu. Kemudian, untuk siap korban berjumlah 16 ribu ekor," jelasnya.

Lanjutnya, penurunan permintaan sapi kurban ditahun ini, terpantau berdasarkan hasil jual beli hewan ternak pedagang. 

"Memang stok kita banyak. Tapi permintaan turun dari tahun lalu, berkemungkinan dampak pandemi Covid-19 ini," ujarnya.

Lanjutnya lagi, sampai saat ini pihaknya masih tetap melakukan pemantauan terhadap perkembangan permintaan sapi kurban di daerah itu. 

"Muda-mudahan, ada peningkatan di H-3 menjelang Idul Adha. Sebab, waktu menjelang Idul Adha masih ada tinggal beberapa hari lagi," tutupnya.

(ind)


Berita Terkait

Baca Juga