Inspektur Tambang Selidiki Kecelakaan Kerja di PT Dasrat Sawahlunto

Inspektur Tambang Selidiki Kecelakaan Kerja di PT Dasrat Sawahlunto Lokasi lubang tambang yang berada di Ngalau Cigak Parambahan Talawi, meledak pada Sabtu, (25/7/2020) pukul 13.30 WIB. Sumber: istimewa

Covesia.com - Inspektur tambang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI akan ke lokasi kecelakaan kerja di salah satu tambang batu bara di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar) yang menyebabkan tiga pekerja mengalami luka bakar.

"Inspektur tambang kita mau ke lokasi," ujar Kepala ESDM Sumbar, Hery Martinus, saat dihubungi Covesia via telepon, Selasa (28/7/2020) siang.

Dia mengatakan, inspektur tambang telah menghubunginya dan memberitahukan akan ke lokasi kejadian pada sore ini atau selambatnya pada Rabu (29/7/2020) besok.

"Tadi mereka sudah lapor ke saya. Mungkin kalau keburu sore ini, maka sore ini ke lapangan. Kalau enggak, besok. Karena kan inspektur tambang itu langsung dari pusat. Mereka ada ditempatkan di sini (Sumbar). Cuman sekarang lagi ada pemeriksaan di daerah lain juga," jelasnya.

Hery menuturkan, inspektur tambang tersebut nantinya bertugas mengumpulkan informasi di lapangan dan menyelidiki lebih lanjut penyebab kecelakaan kerja itu.

"Kecelakaan itu akan kita lihat di mana kesalahannya, apa masalahnya. Akan diselidiki inspektur tambang Kementerian ESDM dari pusat," imbuhnya.

Lebih lanjut, dia menerangkan perusahaan tempat di mana tambang batu bara itu terbakar bernama PT Dasrat Sarana Arang Sejati. Perusahaan itu, kata dia, sudah mengantongi surat izin pertambangan.

Sebelumnya diberitakan, kecelakaan kerja terjadi di salah satu tambang batu bara di Kota Sawahlunto. Ledakan di dalam lubang tambang itu membuat tiga pekerja mengalami luka bakar dan terpaksa harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. 

Kapolres Sawahlunto AKBP Junaidi Nur membenarkan peristiwa ledakan tambang itu. Peristiwa ini, kata dia, terjadi pada Sabtu (25/7/2020). Ketiga pekerja mengalami luka bakar dan telah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Batusangkar, Tanah Datar. 

(fkh/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga