Gapoktan Batang Timbulun Pessel Kembali Raih Prestasi di Tingkat Sumbar

Gapoktan Batang Timbulun Pessel Kembali Raih Prestasi di Tingkat Sumbar Ketua Gakpotan Batang Timbulun Taratak, Buskamil di Heler milik Gapoktan. (Istimewa)

Covesia.com - Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Batang Timbulun, Nagari Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) kembali meraih prestasi sebagai kelompok tani terbaik di sumbar. 

Seperti diketahui, sebelumnya pada tahun 2019 lalu, Gapoktan Batang Timbulun juga meraih prestasi membanggakan yaitu menjadi juara I lomba Ady Karya Nusantara Pangan se Sumatera Barat. 

"Alhamdulillah, kita di dinas cukup bangga dengan Gapoktan Batang Timbulun ini. Karena, kembali meraih prestasi menjadi yang terbaik di Provinsi Sumbar, dan saat ini kita sudah melengkapi administrasi sebagai verifikasi penilaian ke provinsi," sebut Kabit Prasarana dan Penyuluhan Dinas Pertanian Pessel, Alpriyendri pada Covesia.com, Selasa (28/7/20209).

Ia menambahkan, Gapoktan Batang Timbulun ini, dari dulu sangat banyak meraih prestasi di tingkat Kabupaten Pesisir Selatan. 

Selain prestasi yang diraih katanya, pengelolaan yang dilakukan Gapoktan terpantau cukup baik dan sangat bermanfaat bagi kelompok tani lain serta masyarakat sekitar. 

"Mereka cukup bagus dalam pengelolaan, dan memiliki kelompok tani yang militan, serta administrasi yang jelas," katanya.

Menurutnya, dengan torehan prestasi yang kembali diraih kelompok tani di Pessel ini, dapat disimpulkan bahwa potensi Pessel dalam bidang pertanian memiliki potensi yang tidak kalah dengan daerah lain di Sumbar. 

"Artinya, potensi dan kekayaan Pessel itu sangat luar biasa jika dimanfaatkan dan dikelola dengan sebaik-baiknya, terkusus di bidang pertanian," ujarnya.

Lanjutnya, terkait prestasi yang kembali diraih Gapoktan ini, diketahui akan diumumkan nantinya bertepatan pada 17 Agustus 2020 nanti. 

"Untuk peringkat terbaik keberapa yang didapat Gapoktan Timbulun, kita masih belum mengetahui pasti. Karena, pihak provinsi baru mengabari kita dari Dinas, bahwa kelompok kita di Pessel, kembali meraih peringkat terbaik," tutupnya.

Terpisah, Ketua Gapoktan Batang Timbulun Taratak, Buskamil, mengungkapkan, merasa bangga dengan kabar baik ini, bahwa Gapotan Timbulun kembali meraih prestasi terbaik di tingkat Provinsi. 

"Alhamdulillah, ya kita kemarin dikontak orang Dinas. Bahwa Gapotan kita kembali dapat prestasi," ungkapnya.

Ia menjelaskan, Gapoktan Batang Timbulun ini didirikan sejak tahun 2012 lalu dengan tujuan, bagaimana bisa mengembangkan sektor pertanian yang ada di Kecamatan Sutera, melalaui kelompok-kelompok yang ada. 

Sebab, selama ini ucapnya, berbagai program yang ada disektor pertanian tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan kelompok tani yang ada. 

"Makanya, melalui Gapoktan inilah kita berusaha memikirkan setiap program yang ada dengan administrasi yang lengkap. Sehingga kita bisa membantu dan mengembangkan potensi pertanian kita,"terangnya

Ia menambahkan, sejak berdiri tahun 2012 lalu, Gapoktan Batang Timbulun, sudah memiliki berbagai aset dan juga sudah memiliki produk tersendiri yaitu beras asli Kecamatan Sutera. 

"Sekarang kita sudah memiliki aset seperti, Heler dan itu kita dapat pada 2015 lalu, dan Drayar pengering padi itu kita dapatkan pada 2019. Serta, kita memiliki produk beras asli Kecamatan Sutera yang siap bersaing dengan beras-beras lainnya yang ada di Sumbar," katanya.

Lanjutnya, dengan tingkat prestasi dan aset yang berhasil di raih Gapoktan Batang Timbulun ini, ia berharap kepada seluruh kelompok dan pemerintah daerah untuk tetap memperihatikan dan mempertahankan sektor pertanian di Pessel. 

Sebab, potensi dan sumber daya daerah Kabupaten Pesisir Selatan, terkusus di sektor pertanian mesti dimanfaatkan dan dikembangkan. 

"Nah, disinilah kita sama-sama bekerja agar potensi pertanian kita tetap kuat dan bisa menjanjikan sumber ekonomi yang cukup untuk masyarakat. Selain potensi laut yang kita punya," tutupnya.

(ind)


Berita Terkait

Baca Juga