Curah Hujan Diprediksi Masih Tinggi, BPBD Pessel Imbau Warga Waspadai Terjadi Longsor

Curah Hujan Diprediksi Masih Tinggi BPBD Pessel Imbau Warga Waspadai Terjadi Longsor Foto, Salah satu titik di kawasan Bukit Pulai Pessel, yang terjadi longsor. (Indra Yen)

Covesia.com --Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) imbau warga untuk mengwaspadai terjadinya bencana longsor dan pohon tumbang, karena diprediksi curah hujan dan angin kencang masih tinggi didaerah tersebut. 

Kasi Kedaruratan BPBD Pessel, Hasnul Karim mengatakan, berdasarkan perkiraan BMKG, kondisi cuaca angin kencang disertai hujan deras terjadi sampai tanggal 30 Juli 2020, itu terjadi hampir disebagian wilayah Pesisir Selatan.

Untuk itu, kepada warga yang tinggal di tempat-tempat rawan terjadinya bencana longsor, pohon tumbang dan banjir, tetap meningkatkan kewaspadaannya melihat kondisi cuaca yang buruk.

"Kembali kita ingatkan kepada warga yang tinggal diwilayah rawan untuk tetap waspada. Terutama, dikawasan perbukitan, sangat rawan terjadinya longsor, pohon tumbang dan juga banjir disebagian kawasan sungai, "sebutnya pada Covesia.com Minggu (26/7/2020). 

Ia menyebutkan, titik yang sangat berpotensi terjadinya longsor, pohon tumbang serta banjir, diantaranya di kawasan Siguntuah Tuo dan Barung Balantai di Kecamatan Koto XI Tarusan. 

Kemudian, kawasan Pasar Baru Bayang, dan Bukit Putui dan kawasan perbukitan sekitar Kota Painan. 

Setelah itu, di kawasan Bukit Pulai di Kecamatan Batangkapas dan Kawasan Sako Tapan. 

"Kawasan itu, sangat sering terjadi longsor dan pohon tumbang. Karena, daerah tersebut berada di daerah perbukitan, dan potensi terjadinya longsor, pohon tumbang serta banjir berkemungkinan besar bisa terjadi,"katanya 

Ia menambahkan, tidak hanya terhadap warga yang tinggal ditempat-tempat rawan saja. 

Tetapi, ia juga meminta kepada pengendara baik roda dua maupun roda empat, untuk tetap berhati-hati dan wasapa apabila melintasi beberapa titik rawan longsor dan pohon tumbang tersebut. 

"Memang sejauh ini, beberapa titik dan wilayah perbukitan di Pessel sangat berpotensi terjadinya longsor dan pohon tumbang. Akibat, curah hujan dan angin kencang,"katanya lagi. 

Lanjutnya, sejauh ini berdasarkan data dan laporan yang diterima pihaknya, diketahui baru ada satu titik rawan yang terjadi longsor, yaitu di kawasan Bukit Pulai Kecamatan Batangkapas. 

"Dari laporan yang kita terima ada satu titik terjadinya longsor di Bukit Pulai, dan kondisinya tidak terlalu parah dan berdampak. Meski demikan, melihat kondisi cuaca saat ini, kami kembali mengingatkan warga kita untuk tetap waspada. Dan kita berharap, semoga saja tidak ada terjadi bencana didaerah kita,"tutupnya

(ind)

Berita Terkait

Baca Juga