Pleno KPU Pasaman Barat, 16.392 Dukungan Paslon Fakhrizal-Genius Tak Penuhi Syarat

Pleno KPU Pasaman Barat 16392 Dukungan Paslon FakhrizalGenius Tak Penuhi Syarat Fakhrizal-Genius

Covesia.com - Sebanyak 16.392 dukungan pasangan calon (Paslon) perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Fakhrizal-Genius Umar didaerah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat dilaporkan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Ketua KPU Pasaman Barat, Alharis menyampaikan hasil itu didapatkan usai melakukan verifikasi faktual (verfak) kelapangan sejak tanggal 24 Juni hingga tanggal 12 Juli 2020 kemarin.

"Dari dukungan memenuhi syarat secara administrasi yang kami terima dan diverifikasi faktual sebanyak 23.976 dukungan. Namun yang Memenuhi Syarat (MS) hanya sebanyak 7.584 dukungan. Sedangkan sisanya sebanyak 16.392 dukungan Tidak Memenuhi Syarat (TMS)," terang Ketua KPU Pasaman Barat, Alharis, Rabu (22/7/2020).

Alharis menyampaikan ada beberapa situasi yang ditemui oleh petugas verifikasi faktual dilapangan yang menyebabkan belasan ribu dukungan Fakhrizal-Umar tidak memenuhi syarat (TMS).

"Mulai dari data dukungan paslon yang tidak berada ditempat sesuai alamat yang tertera di berkas dukungan alias tidak dapat ditemui.  Kemudian ada yang menolak, dan tidak berada ditempat. Selanjutnya ada juga dukungan paslon yang merupakan TNI-Polri, ASN, dan perangkat Nagari/Desa," tambah Alharis.

Pihaknya kata dia mempersilahkan kepada Paslon yang bersangkutan untuk melakukan perbaikan atau mengganti berkas dukungan yang TMS agar nantinya dilakukan lagi verifikasi faktual ditahap perbaikan.

"Nantinya KPU kembali melakukan verifikasi faktual perbaikan yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus sampai dengan 16 Agustus 2020. Setelah itu dilakukan pleno terbuka perbaikan ditingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan pada 20 Agustus sampai 21 Agustus 2020 mendatang," tutupnya.

(hri) 

Berita Terkait

Baca Juga