RSUD M Zein Painan Miliki IGD Kusus Pasien Covid-19

RSUD M Zein Painan Miliki IGD Kusus Pasien Covid19 RSUD M. Zein Painan (Indra Yen)

Covesia.com - Dalam memasuki tatanan hidup baru atau New Normal, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Zein Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menyediakan secara kusus ruang instalasi gawat darurat (IGD) untuk pesien Covid-19.

Direktur RSUD M. Zein Painan, dr. Sutarman mengatakan dibuatkannya pelayanan kusus dan IGD kusus untuk pasien Covid-19, dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 di masa-masa New Normal. 

Karena menurutnya, dimasa New Normal ini, pihak rumah sakit dan pemerintah daerah tidak boleh lengah terhadap bahaya Covid-19. 

Meski diketahui, hampir beberapa bulan ini tidak ada lagi pasien yang positif Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan. 

 "Kita tidak boleh lengah, dan kita harus selalu siap menghadapi Covid-19. Apalagi di era New Normal, kita harus terus berbenah," ungkapnya pada Covesia.com, Rabu (22/7/2020). 

Ia menerangkan, IGD Covid-19 yang disediakan secara kusus memiliki fasilitas lengkap dengan tim tenaga medis kusus penanganan pasien Covid-19.

"Untuk fasilitas lengkap dan layak melakukan penanganan untuk pasien Covid-19. Kita juga memiliki tim tenaga medis kusus lengkap dengan APD yang disediakan RS, serta ruang tempat isolasinya,"terang Sutarman 

Tambahnya, saat ini IGD Covid-19 sudah beroperasi beserta tim medisnya. Setiap, pasien rujukkan yang memiliki gejala akan dimasukkan ke IGD kusus Covid-19. 

"Awal bulan sudah mulai beroperasi. Setiap pasien rujukkan dengan laporan memiliki gejala Covid-19. Maka akan dilayani dan damasukkan ke IGD Covid-19," tambahnya. 

Selain IGD kata Sutarman, pihak rumah sakit juga membuka pelayanan pendaftaran poliklinik berbasis online, dan penambahan poli spesialis. 

"Untuk poliklinik berbasis online, saat ini sudah bisa diakses melalui android dengan aplikasi E-Reservasi. Hanya saja, belum bisa bagi pasien yang belum pernah berobat di rumah sakit itu," ujarnya.

Lanjutnya, kemudian untuk penambahan poli spesialis, kini RSUD M. Zein memiliki 17 ruangan poli dan lengkap dengan dokter handal serta tenaga medis yang mencukupi. 

"Hal itu, kita lakukan bertujuan untuk menjawab kebutuhan hari ini. Karena, di masa New Normal ini, kita lebih siap menghadapi Covid-19,"tutupnya

(ind)

Berita Terkait

Baca Juga