Cegah Kerusakan Ekosistem Alam, Satgas TMMD di Tanah Datar Serahkan Ratusan Bibit Sukun

Cegah Kerusakan Ekosistem Alam Satgas TMMD di Tanah Datar Serahkan Ratusan Bibit Sukun Satgas TMMD ke-108 Kodim 0307/Tanah Datar menyerahkan bantuan 200 bibit sukun di nagari Panyalaian, Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (22/7/2020)(Foto: dok.penrem)

Covesia.com - Untuk mencegah kerusakan ekosistem hutan dan mengembalikan fungsi alam, Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0307/Tanah Datar menyerahkan bantuan 200 bibit sukun di nagari Panyalaian, Tanah Datar, Sumatera Barat.

Ratusan bibit tersebut langsung diberikan Pasiter Kodim 0307/TD Lettu Inf. Rusiyadi ke pengurus Badan Usaha Milik Negara (Bumnag) Panyalaian Sejahtera, Rabu (22/7/2020) di Posko Utama TMMD 108.

Rusiyadi menyampaikan pemilihan bibit sukun, pasalnya bibit itu diyakini efektif untuk menahan longsor dan juga bernilai ekonomis.

"Topografi Nagari Panyalaian yang berada di pengunungan tentunya sangat rawan longsor, sehingga dibutuhkan tanaman yang dapat mencegah kerusakan hutan," kata Rusiyadi dalan siaran persnya yang diterima, Rabu.

Sementara itu, Yopy Datuak Saidi  Ketua Bumnag Panyalaian Sejahtera mengatakan, Nagari Payalaian memiliki badan usaha yang juga bergerak di sektor pertanian.

Hasil dari Bumnag tersebut Sebut Y Datuak Saidi seutuhnya untuk kesejahteraan masyarakat nagari.

Sementara itu Bendahara Bumnag Datuak Majo Basa Nan Nguguak menyampaikan, bantuan bibit sukun tersebut lansung ditanam bersama warga.

“Kita akan melakukan gotong royong untuk menanam bibit sukun,” katanya.

Hasil panen buah sukun ini nantinya diserahkan ke masyarakat, sehingga dapat meningkatkan ekonomi warga. 

(*/don)

Berita Terkait

Baca Juga