Dampak Pandemi Covid-19, Pendapatan RSUD M.Zein Painan Menurun Drastis

Dampak Pandemi Covid19 Pendapatan RSUD MZein Painan Menurun Drastis RSUD M.Zein Painan. (Indra Yen)

Covesia.com - Dampak pandemi Covid-19, di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) pendapatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Zein Painan mengalami penurunan drastis sebelum terjadinya Covid-19 di daerah itu. 

Direktur RSUD M. Zein Painan, dr Sutarman mengatakan, penurunan pendapatan tersebut, disebabkan sepi dan kurangnya kunjungan pasien ke rumah sakit itu. 

"Sejak Covid-19, ada ketakukan pasien untuk pergi ke rumah sakit. Sebab, pandangan negatif karena di rumah sakit sangat rentan untuk tertular Covid-19," sebutnya pada Covesia.com Rabu (22/7/2020). 

Ia merincikan, berdasarkan catatan yang dimilikinya. Penurunan pendapatan RSUD mencapai 50-60 persen perbulannya.  

Jumlah itu, disampaikannya, jika dibandingkan dengan bulan dan tahun sebelum terjadi Covid-19 sangat jauh berbeda. 

"Dulu sebelum ada Covid-19, pendapatan RSUD perbulan mencapai 5 miliar. Sedangkan sekrang, rata-rata perbulan hanya 2 miliar," ucapnya.

Kendati demikian, untuk menyikapi persoalan penurunan pendapatan itu, pihaknya telah berupaya melakukan sosialisasi untuk memulihkan kembali pendapatan RSUD melalui kunjungan pasien yang berobat. 

"Saat ini sudah mulai berangsur-ansur pasien yang berkunjung dan berobat serta pergi kontrol penyakit ke RS. Namun, karena masih ada kekawatiran tingkat kunjungan masih belum seperti sebelumnya," ujarnya.

Lanjutnya, untuk situasi di tatanan hidup baru atau New Normal saat ini, kondisi pendapatan RSUD mulai merangkak naik. 

"Alhamdulillah, sejak New Normal pendapat mulai naik yaitu Rp 3 miliar. Muda-mudahan, bisa kembali naik dan berjalan seperti kondisi normal biasa sebelum ada Covid-19 ini," tutupnya.

(ind)

Berita Terkait

Baca Juga