Bukittinggi Matangkan Persiapan Sambut Idul Adha 1441 Hijriah

Bukittinggi Matangkan Persiapan Sambut Idul Adha 1441 Hijriah Rapat koordinasi dengan unsur terkait dalam rangka persiapan Idul Adha di Bukittinggi, Rabu (22/7/2020)

Covesia.com - Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kota Bukittinggi menggelar rapat persiapan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Rabu (22/7/2020) di ruang rapat utama Balaikota Bukittinggi. 

Pada kesempatan itu,  wakil Ketua PHBI, Khamidir mengatakan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah jatuh pada hari Jumat 31 Juli 2020. Khatib yang akan memberikan Khutbah yakni Abu Bakar Syarif dari Padang dan Ali Amran dari Bukittinggi bertindak selaku imam.

Kemenang Bukittinggi diwakili oleh Zulfikar, mengatakan tim hisab rukyat Kota Bukittinggi telah melakukan rukyatul hillal, kondisinya tidak maksimal dilaksanakan di Bukittinggi tapi melihat kenyataan posisi matahari terbenam maka posisi hilal sudah bisa dipastikan jatuhnya 1 Zulhijjah pada hari Rabu (22/7/2020) dan Hari Raya Idul Adha 1441 hijriah jatuh pada hari Jumat (31/7/2020).

Plt Asisten II, M. Idris mengatakan, untuk saat ini Bukittinggi sudah masuk kawasan zona hijau kembali, sehingga bisa melaksanakan Shalat Idul Adha dilapangan Wirabraja dengan menerapkan protokol Covid-19.

M. Idris melanjutkan, ada beberapa kegiatan yanag ditiadakan seperti takbiran keliling. Untuk tahun ini takbiran diarahkan di masjid-masjid sekitar Bukittinggi. 

"Kita mengharapkan masyarakat yang mengikuti Shalat Idul Adha dapat membawa tikar dari rumah, memakai masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan shalat dan menghindari bersalaman karena nanyi disekeliling lapangan Wirabraja akan disediakan beberapa tempat pencucian tangan," jelasnya. 

Terkait proses penyembelihan hewan qurban, terang M. Idris, diharapkan masyarakat tidak memakai plastik sebagai pembungkus daging, karena berpotensi menimbulkan sampah plastik. Selain itu sebelum hewan qurban dibawa ke dalam kota, agar dapat dibersihkan terlebih dahulu. Sisa daging dan tulang diharapkan tidak dibuang ke selokan maupun sungai. Tapi akan dikumpulkan oleh petugas Lingkungan Hidup dengan menghubungi petugas. 

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga