Guna Pastikan Bebas Covid-19, Pemkot Pariaman Targetkan 300 Orang Pedagang Pasar Tes Swab

Guna Pastikan Bebas Covid19 Pemkot Pariaman Targetkan 300 Orang Pedagang Pasar Tes Swab petugas medis melakukan pengambilan sampel swab bagi pedagang pasar di Kota Pariaman ( Foto: dok.humas)

Covesia.com - Guna memastikan pedagang di Pasar Pariaman, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), bebas dari Covid-19, pemerintah kota (Pemkot) tersebut menargetkan 300 pedagang mengikuti tes swab di daerah itu.

"Semenjak Sabtu (18/7/2020) kemarin, kami sudah mulai melakukan tes swab kepada pedagang di Pasar Pariaman. Namun baru puluhan pedagang yang mengikutinya," ungkap Kepala Dinas Kesehatan, Kota Pariaman, Syahrul pada Selasa (21/7/2020).

Lanjut Syahrul, pelaksanaan tes swab untuk pedagang di pasar itu, merupakan salah satu upaya untuk mendeteksi dini penyebaran Covid-19 di Kota Pariaman.

"Apalagi pedagang rentan terpapar Covid-19, sebab mereka banyak berinteraksi bahkan kontak dengan banyak orang," katanya.

Makanya itu, pihaknya tidak ingin Pasar Pariaman menjadi klaster penyebaran Covid-19 tersebut.

"Kalau pedagang bebas Covid-19, maka konsumen bisa merasa aman dan nyaman saat berbelanja di pasar itu," ujarnya. 

Tapi kata Syahrul, saat ini masih kurangnya kesadaran pedagang untuk mengikuti tes swab itu. Sehingga pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, (Disperindagkop dan UKM), Kota Pariaman untuk mengedukasi para pedagang agar bersedia mengikuti tes swab tersebut.

"Kami berharap Kota Pariaman kembali masuk ke zona hijau, namun untuk mencapai hal tersebut diperlukan kesadaran warga agar mengikuti protokol kesehatan," jelasnya. 

(per)


Berita Terkait

Baca Juga