Hasil Rekapitulasi Dukungan Paslon Perorangan Diumumkan di Pessel, 30 Persen Terverifikasi Faktual

Hasil Rekapitulasi Dukungan Paslon Perorangan Diumumkan di Pessel 30 Persen Terverifikasi Faktual Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi Dukungan Pasangan Calon Perorangan Gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat pemilihan tahun 2020 tingkat Kabupaten Pessel. (Indra Yen)

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mengumumkan hasil rekapitulasi dukungan pasangan calon perorangan Gubernur dan wakil Gubernur Sumatera Barat pemilihan tahun 2020, pada Selasa (21/7/2020). 

Pada Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi Dukungan Pasangan Calon Perorangan Gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat pemilihan tahun 2020 tingkat Kabupaten Pessel, hanya 30 persen dukungan calon yang terverifikasi faktual. 

Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar mengatakan, terdapat 1.5100 orang data dukungan ke salah satu paslon melalui jalur independen untuk Gubernur dan Wakil Gubernur di daerah tersebut. 

Namun, dari hasil verifikasi yang dilakukan langsung kelapangan, yang menyatakan dukungan langsung kepada salah satu calon hanya sebanyak 5065 orang. 

"Artinya, hanya 30 persen yang terverifikasi faktual dari jumlah data yang kita terima sebanyak 1.5100 orang," sebutnya pada wartawan usai Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi Dukungan Pasangan Calon Perorangan Gubernur dan wakil Gubernur Sumatera Barat pemilihan tahun 2020. 

Ia menerangkan, untuk melakukan verifikasi faktual, pihaknya melalui PPS mendatangi rumah warga yang menyatakan mendukung. Dimana, verifikasi faktual dilakukan menggunakan metode MS, TMS.

"Sebagaimana, apabila bersangkutan mendukung maka akan dimasukkan ke dalam data (MS), dan apabila bersangkutan tidak mendukung dan menyatakan tidak mendukung maka ditandai di (TMS)," jelasnya.

Lanjutnya, jumlah yang telah di verifikasi faktual tersebar di 15 Kecamatan di Pessel yang disampaikan langsung oleh PPK diantaranya:

Pancung Soal, MS 191, Ranah Pesisir, MS 133, Lengayang, MS 328, Batangkapas, MS 349, IV Jurai, MS 745, Bayang, MS 772, Tarusan, MS 863, Sutera. MS 750, Linggo Saribaganti, MS 172, Lunang, MS 194, BAB Tapan, MS 245, Nagari Bayang Utara, MS 36, Air Pura, MS 39, Ranah Ampek Hulu Tapan, MS 134, Silaut, MS 114, dengan total MS 5065. 

"Untuk itu, selanjutnya hasil ini akan kita umumkan melalui rapat pleno di KPU provinsi, dan selama proses verifikasi faktual tidak ada kendala yang kita temukan dilapangan, dan berjalan lancar," pungkasnya.

(ind)


Berita Terkait

Baca Juga