Dukungan Kurang, Ini Tanggapan Dua Bapaslon Perseorangan Limapuluh Kota

Dukungan Kurang Ini Tanggapan Dua Bapaslon Perseorangan Limapuluh Kota Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - KPU Kabupaten Limapuluh Kota resmi menyatakan dua bapaslon perseorang untuk Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2020 kurang, Senin (20/7/2020).

Kedua paslon ini diwajibkan melakukan penambahan dukungan sampai tanggal 27 Juli 2020 mendatang. Menanggapi hal ini, kedua Bapaslon Perseorangan Kabupaten Limapuluh Kota menerangkan mereka masih siap tempur sampai detik-detik terakhir.

Kedua bapaslon ini adalah Ferizal Ridwan - Nurkhalis yang harus memberikan dukungan tambahan sebanyak 12.278 karena kekurangan 6.139 dukungan. Kemudian Maskar Dt Pobo diwajibkan memberikan dukungan sebanyak 14.316 karena kekurangan 7.158 dukungan.

Untuk tetap berlanjut, Ferizal Ridwan mengaku sudah siap dengan hal ini. Pihaknya

Jauh-jauh sudah mengantisipasi jika banyak dukungan sebelumnya dikategorikan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). 

"Kami sudah siapkan 30 ribu dukungan untuk kondisi saat ini. Sejak seminggu yang lalu, tim LO sudah melakukan upload dukungan ke Silon KPU. Sampai hari ini, sudah 14.200 yang terupload," ucap Ferizal saat dikonfirmasi covesia.com, Selasa (21/7/2020).

Disebutkannya, 30 ribu ini berasal dari dukungan sebelumnya yang berstatus Tidak Ditemukan (TD) dan dukungan tambahan yang terus mengalir hingga hari ini ke posko induk di Tanjung Pati, Kecamatan Harau. 

Dari 14 ribu yang telah terupload, seluruhnya bisa dipastikan tidak akan ada berpotensi dukungan ganda. 

"Pengalaman kami di Verifikasi Faktual kemarin, banyak ditemukan dukungan ganda. Jadi 14 ribu yang telah di upload ini, kami pastikan tidak ada mendukung paslon independen lain. Kemudian untuk keabsahan, bisa mencapai 99 persen dukungan sekarang mendukung Ferizal Ridwan - Nurkhalis," sebutnya.

Selain itu, Ferizal menerangkan dalam pasal 44 PKPU No 6, untuk dukungan yang berstatus Tidak Ditemukan (TD) bisa dimasukkan kembali ke dalam silon. Dan untuk.proses verifikasi faktual kedua ini sama dengan verifikasi faktual sebelumnya. Yaitu petugas PPS yang datang ke pendukung, bukan pendukung yang datang ke PPS. 

"Jadi saat verifikasi faktual dilakukan kembali besok, itu masih memakai cara yang sama seperti kemarin. PPS mendatangi pendukung. Jadi bagi pendukung Ferizal - Nurkhalis jangan terbawa informasi yang salah bahwa pendukung yabg datang ke PPS. Kemudian, kami akan memasukkan pendukung berstatus tidak ditemui ke dalam silon dan diperkirakan jumlah dukungan mencapai 30 ribu," sebutnya.

Banyaknya dukungan yang akan diupload oleh Ferizal - Nurkhalis dari kewajiban yang dibebankan KPU, disebutkan Ferizal sebagai antisipasi jika masih banyak juga PPS menemukan TMS. 

Sedangkan Maskar Dt Pobo dalam hak ini juga masih tetap berupaya melengkapi dukungan yang diwajibkan oleh KPU. Dari 14.316 kewajiban, Maskar berupaya minimal akan meng-upload 17.500 ribu dukungan.

"Sampai detik terakhir perjuangan, kami tetap berusaha. Berapa jumlah dukungan yang terupload, belum disampaikan LO kepada saya. Tapi, target kami untuk meng-upload ke Silon sampai tanggal 27 Juli 2020 nanti sejumlah 17.500," katanya..

Maskar juga mengatakan walaupun saat ini berada dalam masa tenggang waktu untuk masa perbaikan dukungan, ia masih tetap optimis bisa disahkan menjadi calon Bupati-Wakil Bupati Limapuluh Kota dalam Pilkada 2020 ini.

"Masih optimis. Karena kami yakin dengan usaha kami untuk bisa bertarung dalam kompetisi pilkada ini," katanya.

Sebelumnya, KPU Limapuluh Kota dalam sidang pleno penetapan hasil verifikasi faktual untuk bapaslon jalur perseorangan Kabupaten Limapuluh Kota, dukungan dua bapaslon dinyatakan kurang. Sehingga kedua bapaslon harus berada dalam tahap perbaikan dengan catatan harus memberikan dukungan dua kali lipat dari jumlah kekurangan batas dukungan minimal sebanyak 22.539.

(Agg)

Berita Terkait

Baca Juga