Ketua Gugus Covid-19 Minta Sumbar Bantu Daerah Lain Periksa Sampel Swab, Gubernur: Kami Siap

Ketua Gugus Covid19 Minta Sumbar Bantu Daerah Lain Periksa Sampel Swab Gubernur Kami Siap Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Dok.Covesia)

Covesia.com - Penanggulangan Covid-19 di Sumbar termasuk dari salah satu lima provinsi yang dinilai terbaik menangani COVID-19. Melihat hal tersebut ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nasional Doni Monardo instruksikan Ketua gugus tugas provinsi Sumbar, Irwan Prayitno membantu daerah lain di Indonesia. 

"Saat ini Sumbar telah masuk ke pemulihan ekonomi. Angka positif Covid-19 di Sumbar terus melandai, pemeriksaan swab terus dilakukan berkisar seribu sehari. Kita diinstruksikan pak Doni untuk membantu daerah lain, insyaallah kami siap," ungkap Gubernur, Irwan Prayitno di Padang, Selasa (21/7/2020).

Dikatakan Irwan bahwa Kapasitas lab di Unand bisa sampai 2500 satu hari. Sedangkan saat ini kita hanya periksa paling tinggi 1000 sample swab Sumbar sehari. Gunanya tes itu untuk mengendalikan kita bahkan bisa sampai 2500 bahkan tiga ribu. "Tenaga kita cukup, reagen kita cukup, alat kita juga semua cukup, kenapa gak bantu yang lain," ujarnya. 

Sementara di daerah lain seperti Kalimantan Selatan itu ada 5 ribu lebih spesimen yang masih menunggu antrian untuk diperiksa. "Satu hari mereka bisa periksa 200 spesimen, jika ada 5000 spesimen kan sampai 10 hari nunggu. Dikirim ke jakarta juga sama hasilnya," jelasnya. 

Ia mengatakan bahwa lab Unand beberapa waktu lalu membantu memeriksa sample dari Kalsel ditemukan 300 orang yang positif Covid-19. 

Saat ini lab Unand yang di tanggungjawapi oleh Dr Andani Eka Putra telah memeriksa spesimen dari daerah lain seperti Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumsel. "Lalu Surabaya akan dibantu labnya di sana milik kota Surabaya kita bantu," jelasnya. 

Tak hanya itu tiga daerah yang akan intensif dibantu ialah Surabaya, Makassar, Banjarmasin. "Semuanya lewat pak Doni Monardo ketua gugus nasional beliau yang minta kami turut membantu," pungkasnya. 

(lia)

Berita Terkait

Baca Juga