Pendaftar SMA Membludak, SMK Kekurangan Selama PPDB di Sumbar

Pendaftar SMA Membludak SMK Kekurangan Selama PPDB di Sumbar Ilustrasi (dok.Covesia)

Covesia.com - Dinas Pendidikan Sumatera Barat menyatakan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) telah berakhir untuk siswa SMA. Namun, pendaftaran untuk SMK masih dibuka. Hal ini masih sedikit minat untuk calon siswa mendaftarkan diri ke SMK dan sampai saat ini masih banyak kursi kosong di SMK. 

Ketua PPDB Disdik Sumbar Suryanto mengatakan untuk SMA sudah cukup, namun untuk SMK masih ada kekurangan jumlah siswa dari berbagai jurusan disediakan. 

Menurutnya animo masyarakat agak kurang untuk mendaftar SMK. Kebanyakan masyarakat lebih memilih mendaftar di SMA.

"Untuk SMK kurang, kita masih buka pendaftaran, untuk Kota Padang saja ada kita kekurangan sekitar 600 siswa," katanya di Kantor Disdik Sumbar, Senin (20/7/2020).

Bagi masyarakat yang belum dapat sekolah dapat mendaftar SMK saat ini. Bagi yang mendaftar akan langsung diterima oleh SMK tersebut. SMK juga menyediakan bermacam pilihan jurusan yang menarik.

"Bagi yang belum dapat SMA, kalau mau daftar SMK itu bisa cepat, kemarin ada yang begitu dan langsung diterima," katanya.

Walaupun kegiatan sekolah sudah berjalan, menurutnya siswa baru masih bisa masuk.

Diketahui Disdik Sumbar menyediakan daya tampung untuk SMK sebanyak 33.695 siswa. Sementara sudah ada sekitar 24.257 siswa yang diterima. Sedangkan yang masih kosong ada 9.438 yang tersebar di berbagai SMK di Sumbar.

Selain SMK, berdasarkan laporan terakhir ada satu SMA yang masih kosong yaitu SMAN 11 Padang. Berdasarkan laporan sekolah tersebut ada 20 kursi lagi yang belum terisi.

Ia mengatakan jika masih ada yang ingin mendaftar maka sekolah yang berada di Bungus Teluk Kabung itu dapat menerima. Hal itu masih masuk dalam optimalisasi daya tampung. 

(hms/sumbar/agg) 


Berita Terkait

Baca Juga