Irfendi Arbi Positif Diusung Tiga Partai Sebagai Cabup, PPP dan PAN Bersaing di Kursi Wabup

Irfendi Arbi Positif Diusung Tiga Partai Sebagai Cabup PPP dan PAN Bersaing di Kursi Wabup Irfendi Arbi (pakai topi) yang akan diusung tiga partai sebagai Calon Bupati Limapuluh Kota (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Calon Bupati Limapuluh Kota dari incumbent, Irfendi Arbi positif diusung tiga partai. Ketiga partai tersebut adalah PDI-P, PPP dan PAN di tingkat Kabupaten Limapuluh Kota yang telah bersepakat membentuk koalisi dengan komposisi 8 kursi di legislatif setempat pada Sabtu, (18/7/2020) lalu. Kesepakatan untuk mengusung Irfendi Arbi sebagai calon Bupati Limapuluh Kota pada Pilkada 2020 ini telah dinyatakan Final.

Hal ini disampaikan oleh Ketua PPP Kabupaten Limapuluh Kota, Harmen yang menyebutkan pimpinan tiga partai ini sudah sepakat membangun koalisi bersama ini. Namun, untuk nama calon wakil bupati belum diputuskan. 

"Sudah ada pembicaraan soal koalisi ini dengan PAN dan PDI-P dan akhirnya diputuskan pada Sabtu kemarin. Bapak Irfendi Arbi yang sebagai calon bupati. Untuk calon wakil bupati, belum ada karena perlu pembahasan lebih lanjut," sebut Harmen kepada Covesia.com, Senin (20/7/2020). 

Namun, koalisi ini disebutkan Harmen masih deal di tingkat Kabupaten Limapuluh Kota dan akan dibahas di tingkat DPW Sumbar dan DPP Pusat. Termasuk nama calon wakil bupati yang diharapkan berasal dari PPP. 

"Setelah ini kami akan melakukan pembahasan dengan DPW dan DPP. Termasuk membawakan beberapa nama dari PPP untuk wakil bupati. Bagaimana dinamikanya nanti kita tunggu saja. Jika mulus, koalisi yang telah dirancang sekarang, insya allah segera di deklarasikan," katanya. 

Dari nama yang dibawa PPP untuk wakil bupati ke DPW dan DPP sedang diramu. Termasuk Harmen sendiri. 

"Pastinya nama yang kami bawa untuk wakil bupati adalah orang-orang yang melakukan pendaftaran kemarin. Termasuk nama saya," sebut Harmen.

Senada, Sekretaris Partai PAN Kabupaten Limapuluh Kota, Yosrizal Dt Permato Alam mengatakan antara PAN dengan PDI-P dan PPP sudah menyepakati berkoalisi untuk di tingkat kabupaten Limapuluh Kota. 

"Sudah deal kami berkoalisi untuk di tingkat Kabupaten. Namun tidak tertutup kemungkinan partai lain bisa bergabung juga. Setelah ini kami akan membahas di tingkat DPD dan DPP," ucapnya.

Yosrizal juga mengatakan untuk calon Wakil Bupati, memang ada keinginan dari PAN. Ada dua nama yang diajukan dari PAN yaitu Yosrizal sendiri dan Mulyadi. Tidak tertutup kemungkinan juga nama-nama yang mendaftarkan diri ke PAN sebelumnya. Itu sedang diramu juga. Yang jelas dua nama ini sudah di dalam catatan," sebut Yosrizal.

(agg)

Berita Terkait

Baca Juga