PPDB SMA Sumbar Jalur Non Zonasi Dibuka Hari Ini, Calon Peserta Didik Langsung Daftar ke Sekolah

PPDB SMA Sumbar Jalur Non Zonasi Dibuka Hari Ini Calon Peserta Didik Langsung Daftar ke Sekolah Ilustrasi (Antara)

Covesia.com - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA di Sumatera Barat (Sumbar) melalui jalur non zonasi dibuka pada hari ini, Rabu (15/7/2020).

Informasi tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Adib Alfikri. "Ya, sudah dibuka pendaftarannya pada hari ini," ujarnya lewat sambungan telepon.

Sesuai jadwal, pendaftaran lewat jalur ini rencananya dibuka hingga Kamis (16/7/2020) besok.

Kata Adib, kebijakan PPDB lewat optimalisasi daya tampung sekolah ini sudah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Izinnya sudah," jelasnya.

Sebelumnya, Adib menyebutkan kebijakan penambahan daya tampung itu diterapkan di 44 sekolah se-Sumbar. Pendaftaran dilakukan langsung ke sekolah.

Proses seleksinya sendiri tidak lagi berdasarkan jarak, tapi nilai. Kuotanya tergantung kepada sekolah yang bersangkutan.

Terang Adib, jika ada 10 kelas yang biasanya berisi 35-36 peserta didik maka sekolah tersebut dioptimalkan menjadi 40 siswa per kelas.

Artinya jika ada 10 kelas di sekolah tersebut setelah dioptimalkan akan ditambah masing-masing kelas 4-5 siswa. Jadi mungkin saja satu sekolah menambah 40-50 siswa. 

"Jalur ini kita peruntukkan untuk anak-anak yang berada di blank zone. Tapi kita seleksi dengan nilai," ungkap Adib.

(fkh/adi)


Berita Terkait

Baca Juga