Reaktif Covid-19, KPU Pessel Lakukan Pergantian Tiga Calon PPDP

Reaktif Covid19 KPU Pessel Lakukan Pergantian Tiga Calon PPDP Foto, Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar. (Istimewa)

Covesia.com - Berdasarkan hasil tes rapid test atau tes cepat yang dilakukan di RSUD M. Zein Painan kepada 1.096 calon Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) terdapat tiga orang reaktif Covid-19. Terkait itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, lakukan pergantian calon anggota. 

"Rapid tes atau tes cepat dilakukan tim dari RSUD Dr M Zein Painan sejak 07-10 Juli 2020, kepada 1.096 calon PPDP. Hasilnya, tiga diantara mereka reaktif COVID-19,"sebut Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar pada wartawan Rabu (15/7/2020) 

Dari hasil tersebut kata Epal, pihak RSUD M. Zein Painan, langsung melakukan tes swab, dari hasil swab tiga orang itu dinyatakan negatif Covid-19. 

Kemudian, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan pihak KPU melakukan pergantian terhadpap ketiga calon PPDP tersebut. Dan calon pengganti juga akan dilakukan tes cepat atau rapid test. 

"Untuk itu, informasi ini perlu disebarluaskan secara bersama-sama, sehingga tidak berkembang informasi "liar" yang berpotensi merugikan semua pihak termasuk didalamnya KPU, calon PPDP dan masyarakat,"ucapnya

Menurutnya, tes ini dilakukan untuk memastikan bahwa petugas yang akan dikerahkan ke tengah-tengah masyarakat dalam keadaan sehat.

"Dengan demikian nantinya, masyarakat membuka diri terhadap petugas PPDP yang akan diturunkan, sehingga tugas mereka tuntas dengan hasil maksimal,"ujarnya

Lanjutnya, tugas PPDP mulai dilakukan dan wajib turun ke lapangan dimulai sejak 15 Juli hingga 13 Agustus 2020 untuk melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih dengan berkunjung dari satu rumah ke rumah yang lain sesuai dengan wilayah kerjanya.

Nantinya, PPDP saat turun kelapangan juga akan dilengkapi dengan peralatan lengkap seperti, masker, pelindung wajah, sarung tangan, pembersih tangan serta tanda pengenal dan atribut pendukung lainnya.

"Total jumlah pemilih yang akan dicocokan dan teliti oleh PPDP mencapai 347.704 orang, mereka juga akan didaftarkan ke 1.099 tempat pemungutan suara,"tutupnya

(ind/adi)

Berita Terkait

Baca Juga