Kebakaran Hebat di Bandar Olo, Kerugian Ditaksir Lebih dari 1 Miliar Rupiah

Kebakaran Hebat di Bandar Olo Kerugian Ditaksir Lebih dari 1 Miliar Rupiah Kebakaran hebat di Toko Bangunan di Bandar Olo, Kota Padang, Selasa (14/7/2020)(Foto: Covesia/ Fakhruddin)

Covesia.com - Kerugian akibat kebakaran di kawasan Bandar Olo, Belakang Lintas, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), ditaksir lebih dari satu miliar rupiah. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Dedi Henidal. "Kerugian lebih dari satu miliar rupiah," ujarnya kepada wartawan di lokasi kejadian, Selasa (14/7/2020) malam.

Dia menuturkan ada dua toko yang terbakar yaitu toko penjualan peralatan pecah belah bernama Mandiri dan toko bangunan bernama Hapdi. 

Kedua toko ini masih satu bangunan.

Api diketahui melahap dua toko tersebut sekitar 18.00 WIB. Personel dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang pun segera dikerahkan ke lokasi.

Kata Dedi, ada 112 personel pemadam kebakaran yang diterjunkan. Setidaknya 16 unit pemadam kebakaran yang dimiliki Dinas Pemadam Kebakaran juga dikerahkan ke lokasi.

Setelah tiga jam berjibaku memadamkan api, personel berhasil menjinakkan api. Hingga wawancara ini dilakukan sekitar 21.00 WIB, proses pemadaman kebakaran sudah memasuki tahap pendinginan.

Kata Dedi pula, api susah untuk dipadamkan karena bahan yang terbakar adalah plastik. 

"Kebetulan yang terbakar ini banyak plastik. Jadi, setiap kami siram, api itu hidup terus. Lebih kurang 30.000 kubik air disemprotkan, api belum juga mati," jelasnya.

Berkat kerja keras dari Dinas Pemadam Kebakaran, api tidak merembet ke bangunan lain.

"Alhamdulillah, api bisa kita lokalisir. Sehingga tidak merembet ke tempat (bangunan) yang lain. Waktu kita datang, cuman (bangunan) ini yang terbakar (Toko Mandiri dan Toko Hapdi)," terangnya.

Sementara itu, Kapolsek Padang Barat AKP Martin kepada wartawan di lokasi mengatakan pihaknya belum mengetahui penyebab pasti kebakaran di kawasan Bandar Olo tersebut. Oleh karena itu, pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan penyebab kebakaran tersebut. "Penyebabnya akan kami selidiki," jelasnya.

(fkh)

Berita Terkait

Baca Juga