Masih Tunggu SK, PAN Digadangkan Usung Mulyadi - Ali Mukhni dalam Pilgub Sumbar

Masih Tunggu SK PAN Digadangkan Usung Mulyadi  Ali Mukhni dalam Pilgub Sumbar Ilustrasi (Covesia)

Covesia.com - PAN menjalin koalisi dengan Partai Demokrat dalam menghadapi Pilgub Sumatera Barat (Sumbar) 2020. Kedua partai ini kemungkinan mengusung Anggota DPR RI Mulyadi sebagai bakal calon gubernur dan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni sebagai bakal calon wakil gubernur.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Pilkada PAN Sumbar, Bukhari. Dia menegaskan, dalam menghadapi Pilgub Sumbar, partainya tidak mungkin mengusung kandidat sendiri. Hal ini dikarenakan partai berlambang matahari terbit tersebut memiliki 10 kursi di DPRD.

Oleh karena itu, kata dia, PAN perlu koalisi. Salah satu partai yang sudah terjalin koalisi dengan PAN adalah Partai Demokrat. "PAN itu kan tidak mungkin mengusung sendiri. Harus berkoalisi. Dan, koalisi itu yang terjalin adalah Partai Demokrat," jelasnya saat dihubungi Covesia via telepon, Selasa (14/7/2020).

Memang, di DPRD, Partai Demokrat juga menguasai 10 kursi. Jika kedua partai ini berkoalisi, total ada 20 kursi yang dikuasai di DPRD. Hal tersebut membuat kedua partai ini bisa mengusung kandidat dalam Pilgub Sumbar. 

Berdasarkan kesepakatan dan hitung-hitungan politik, kandidat yang kemungkinan akan diusung, kata Bukhari, yaitu Mulyadi sebagai bakal calon gubernur dan Ali Mukhni sebagai bakal calon wakil gubernur.

DPW PAN Sumbar sudah mengirimkan nama-nama kandidat ke DPP PAN. Meski demikian, DPP PAN belum memberikan keputusan lebih lanjut mengenai pasangan ini.

"Pimpinan partai (DPP PAN) menampung aspirasi. Tapi belum memutuskan. Kayaknya mungkin jadi. PAN berkoalisi sama Demokrat. Dinamika di politik ini kan macam-macam. Tapi, minggu depan, sudah kelar itu SK-nya," jelasnya.

Lebih lanjut, Bukhari menegaskan pihaknya masih menunggu surat keputusan dari DPP PAN. Dalam Pilgub Sumbar, kata dia, kedua partai ini masih terbuka agar partai lain yang ingin bergabung sebagai rekan koalisi.

(fkh)

Berita Terkait

Baca Juga