Diduga Korsleting Listrik, Sebuah Rumah di Padang Nyaris Ludes Terbakar

Diduga Korsleting Listrik Sebuah Rumah di Padang Nyaris Ludes Terbakar Mobil Pemadam Kebakaran saat berusaha memadamkan api akibat korsleting di salah satu rumah di Kota Padang, Selasa (14/7/2020)(Foto: Covesia/ Fakhruddin)

Covesia.com - Sebuah rumah di Jalan Jhoni Anwar RT 3 RW 7 Kelurahan Ulak Karang Selatan, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, nyaris ludes terbakar, Selasa (14/7/2020).

Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Basril, mengatakan api diketahui mulai muncul di dapur di rumah itu pukul 11.33 WIB. "Yang terbakar adalah 2 kulkas dan 1 sepeda motor," ujarnya kepada wartawan di lokasi.

Dia menuturkan kebakaran diduga karena korsleting arus listrik. Meski demikian, pihaknya menyerahkan kepada kepolisian untuk menyelidiki lebih lanjut penyebab kebakaran.

"Dalam hal ini kita serahkan kepada kepolisian. Secara analisa sementara, ini yang terjadi arus pendek. Karena media yang terbakar adalah kulkas yang lagi hidup. Dan mengeluarkan karbon atau asap yang cukup banyak," jelasnya.

Beruntung, kata Basril, tidak ada korban jiwa pada kejadian ini. Untuk tindakan awal, sang pemilik, Hendra (41), telah melakukan pemadaman api dengan menggunakan alat pemadam api ringan (apar).

"Alhamdulillah, kebetulan di sini, banyak yang berjualan memiliki apar. Sang pemilik bangunan meminjamnya untuk memadamkan api itu," ceritanya.

Meski demikian, karena diduga penyebab kebakaran adalah korsleting listrik, api diduga akan kembali memuai.

Oleh karena itu, pihaknya sudah mengontak PLN untuk terjun ke lokasi. Hingga wawancara ini dilakukan sekitar 11.50 WIB, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang masih bersiaga di lokasi meski api yang aktif sudah berhasil dipadamkan.

"Alhamdulillah. PLN sedang jalan. Kita tetap stand by di sini. Karena kalau arus belum putus, kita takutnya bangunan ini akan ludes semuanya. Karena ada jaringan induk di atas," terangnya.

Berdasarkan pantauan Covesia di lapangan, Dinas Pemadam Kebakaran menerjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran. Selain itu, polisi juga tampak bersiaga berada di lokasi kejadian.

(fkh/don)

Berita Terkait

Baca Juga