Diterjang Longsor, Pangkalis Tidak Memiliki Rumah Lagi

Diterjang Longsor Pangkalis Tidak Memiliki Rumah Lagi Sumber: BPBD Padang

Covesia.com - Disebabkan curah hujan yang tinggi, tanah perbukitan di RT 3 RW 5 Kelurahan Teluk Kabung Utara Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang Sumatera Barat mengalami longsor. Peristiwa itu dibenarkan oleh Kasi Kedaruratan BPBD Kota Padang, Sutan Hendra. 

"Kejadiannya kemarin malam sekitar pukul delapan. Penyebabnya curah hujan yang tinggi," ujarnya kepada wartawan, Senin (13/7/2020).

Akibat longsor tersebut, satu unit rumah hancur terbawa longsor. Meski demikian, beruntung pada kejadian ini tidak ada korban jiwa. 

Lebih lanjut, Sutan menegaskan longsor terjadi di kemiringan sekitar 45 derajat di kawasan perbukitan. Secara aturan memang tidak dibolehkan.

"Tapi, karena masalah ekonomi yang mengharuskan mereka tinggal di lereng bukit. Sebab, mata pencarian dari mereka yang terdampak adalah peladang," jelasnya.

Sebagai tindak lanjut, BPBD Kota Padang berkerja sama dengan instansi terkait untuk evakuasi material yang tertimbun seperti barang elektronik.

Sementara itu, sang pemilik rumah, Paskalis, menjelaskan dirinya bersama keluarga sudah tinggal sekitar dua minggu di rumah tersebut.

Dia tinggal beserta enam anggota keluarganya. Dia berladang di kawasan perbukitan tersebut. 

Sebelum longsor terjadi, dirinya beserta anggota keluarga sudah menyelamatkan diri ke tempat yang aman.

Akibat kejadian tersebut, dia tidak memiliki apa-apa lagi. Dirinya berharap bantuan dari pemerintah. 

"Semua harta benda habis semua. Yang lebih kita butuhkan makanan dan pakaian. Rumah saya tidak ada lagi. Uang saya untuk membangunnya tidak ada lagi. Ke mana aku cari lagi," terangnya.

(fkh/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga